Pendidikan Karakter Untuk Mencetak Generasi Unggul

Kampus Kita Politik

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekumpulan manusia yang diwariskan dari satu generasi ke generasi selanjutnya.

Ada juga yang mengatakan bahwa pendidikan adalah suatu usaha yang dilakukan seseorang secara sistematis dalam mewujudkan suasana belajar mengajar para peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya sehingga menjadi generasi yang unggul. 

Generasi unggul juga dapat diartikan sebagai generasi yang memiliki kecerdasan dan karakter yang baik di dalam dirinya, selalu berdampak positif bagi diri sendiri, sesama dan di sekitar lingkungannya. Generasi yang sudah mengalami pembentukan rasio yang baik di dalam dirinya, sehaingga mampu menghindari setiap perilaku tak bermoral dan kontra-kontra lainnya. Menjadi generasi unggul tentunya bukan sebuah kebetulan ataupun hal yang mudah melainkan hasil dari proses yang diciptakan dan harus dimulai sejak dini. Pendidikan yang sanggup melahirkan generasi unggul adalah pendidikan yang juga sanggup memperkuat kehendak supaya setiap orang yang tahu kebaikan moral benar-benar mau hidup sesuai pengetahuan yang dimiliki. 

Menciptakan generasi unggul memang sulit dan butuh perjuangan, tetapi akan lebih sulit jika seseorang hidup tanpa sikap yang unggul yang melekat pada dirinya. Syarat yang harus dicapai  untuk menjadi seseorang yang unggul, yaitu memiliki kemampuan mengoreksi sikap mentalnya, lingkungan dan sistem yang selalu kondusif.

Membangun generasi unggul melalui pendidikan tokoh yang patut untuk di contoh, seperti halnya di sekolah ,guru, kepala sekolah dan tenaga pendukung kependidikan merupakan komunitas yang secara tidak langsung akan menjadi teladan bagi para siswa. Untuk itu karakter yang kuat harusnya lebih dahulu dimiliki oleh para pendidik, terutama guru. Dengan demikian Karakter akan dapat menampilkan sikap dan perilaku yang didorong dari dalam (sebagai inner power) untuk menampilkan dan mewujudkan hal-hal yang manunjukan seseorang berkarakter baik atau tidak. Dengan kata lain karakter sebagai pengontrol yang dapat menentukan pilihan individu bangsa menuju suatu kebahagiaan atau menuju kehancuran.

Semoga sebuah harapan ada di pundak pendidik zaman ini. Dengan menunjukkan jati diri sebagai guru profesional yang berkarakter dan mampu memadukan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran, serta memiliki rasa peduli terhadap kemajuan pendidikan negeri ini.

Agar mendorong munculnya generasi cerdas dan berkarakter yaitu anak-anak bangsa yang cerdas dari segi intelektualitas, unggul, dan terampil di bidang keahlian masing-masing. Yang paling penting memperlihatkan karakter dalam kehidupan.

Untuk itu, Peranan guru dalam menciptakan generasi terbaik sangat berpengaruh,oleh karena itu lembaga sekolah dan guru berfungsi mengarahkan, membimbing dan membina potensi dasar yang ada pada seseorang.

Sehingga generasi yang akan dilahirkan nantinya akan menjadi generasi yang unggul, supaya tidak terjadi korupsi, penggunaaan narkoba, dan seperti maraknya tawuran, pergaulan bebas,dan lain sebagainya.

Generasi yang berkualitas tidak akan terwujud jika masih menggunakan sistem sekulerisme dalam mengatur kehidupan.

(Red/ Wening Wijayanti Nim : 2018015155 Status : Mahasiswa universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta  )