Pendidikan Moral

Kampus Kita Politik

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pendidikan moral merupakan pendidikan yang berperan penting untuk membentuk kepribadian pada anak. Pendidikan moral berisikan pendidikan yang mengajarkan tentang sikap dan bagaimana perilaku sehari-hari yang baik.

Pendidikan moral adalah pendidikan untuk menjadikan anak manusia bermoral atau bermanusiawi.

Seperti yang kita ketahui, dalam dunia pendidikan pengetahuan tentang moral tak lagi diajarkan pada peserta didik. Pendidikan moral telah dikalahkan oleh pendidikan lain seperti IPA, IPS, Matematika dan yang lainnya.

Pada zaman sekarang ini, guru-guru hanya berfokus pada pencapaian peserta didik dalam bidang akademik dan tidak menghiraukan pendidikan moral.

Padahal pendidikan moral merupakan pondasi yang penting untuk diajarkan pada peserta didik.

Karena moral pada peserta didik lah yang akan menentukan bagaimana peserta didik tumbuh kedepannya, baik atau buruknya dalam bersikap itu di tentukan dari segi moralnya.

Maka dari itu, peserta didik harus diberikan pendidikan moral sejak usia dini. Hal ini agar peserta didik mampu menjadi manusia yang bermoral dalam bersikap.

Agar tidak terjadi hal-hal yang akan merugikan seperti misalnya pelanggaran dalam masyarakat.

Dari yang kita perhatikan, pada zaman ini banyak sekali pelanggaran-pelanggaran yang terjadi yamg disebabkan tidak hanya oleh orang dewasa saja tetapi oleh anak-anak pun juga.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Hal ini terjadi karena kurangnya penanaman pendidikan moral pada peserta didik. Oleh sebab itu, pendidikan moral harus diajarkan kepada anak sejak Sekolah Dasar.

Karena anak adalah penerus bangsa dan pondasi bagi sebuah bangsa. Suatu bangsa dikatakan sukses atau tidaknya itu tergantung dari generasi mudanya.

Maka dari itu, pendidikan moral sangat lah penting diajarkan pada anak agar anak mampu tumbuh menjadi seseorang yang berguna bagi nusa dan bangsa.

(Red/ Retno Nurhasanah mahasiswa UST Yogyakarta prodi PGSD  )