Pengembangan Bakat Anak di Sekolah Dasar

Kampus Kita Politik

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Bakat merupakan kemampuan bawaan yang dimiliki oleh anak sejak lahir. Bisa juga diartikan sebagai kemampuan dasar seseorang untuk belajar dalam tempo yang relative pendek dibandingkan orang lain, namun hasilnya justru lebih baik.

Bakat anak mulai tampak pada saat sang anak memasuki fase sekolah dasar. Namun tidak semua anak dapat menemukan bakatnya sendiri. Ada beberapa anak yang memerlukan bimbingan ataupun dorongan di lingkungan sekitar agar bakat yang dimiliki dapat terlihat.

Dalam hal ini apabila di lingkungan sekolah guru sangat berperan penting dalam memberikan arahan atau dorongan untuk menemukan bakat anak. Di sisi lain sekolah juga harus memfasilitasi anak dengan berbagai kegiatan ekstrakulikuler yang dapat menumbuhkan bakat anak.

Anak akan memilih kegiatan ekstrakulikuler tersebut sesuai dengan hobi yang dimilikinya. Bakat biasanya juga dapat timbul dari hobi yang dimiliki, tentu bakat tersebut akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Tidak hanya pihak sekolah saja yang memfasilitasi tapi juga orangtua dapat mendukung bakat yang dimiliki anaknya. Dengan dukungan orangtua tentu anak tersebut semakin termotivasi untuk mengmbangkan bakatnya.

Dengan demikian adanya dukungan penuh dari orangtua dan pihak sekolah tentunya dapat membuat bakat anak tersebut akan terus berkembang. Dan tentunya prestasi akademik dan non akademik akan terus meningkat sesuai dengan keinginan orang tua dan pihak sekolah tersebut.

(Red/ Edga Mahatma Kafi ,NIM : 2018015007,Alamat : Prenggan Selatan KGII/943 Kotagede Yogyakarta