PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR

Kampus Kita Politik

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pendidikan merupakan bagian yang sangat penting dalam mewujudkan kualitas sumber daya manusia dan pendidikan merupakan investasi yang sangat berharga dalam bentuk peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam membangun bangsa.

Pendidikan secara sederhana dapat diartikan sebagai usaha manusia membina kepribadian sesuai dengan nilai- nilai didalam masyarakat dan kebudayaan, pendidikan pada hakikatnya merupakan usaha.

Pendidikan karakter adalah suatu proses pendidikan yang bertujuan untuk membangun karakter dari peserta didik,pendidikan dilakukan tidak hanya untuk memberikan peserta didik ilmu pengetahuan saja dan untuk menanamkan dan mensosialisasikan, menerapkan nilai- nilai dan norma- norma yang ada dilingkungan sekitarnya dan Keluarga merupakan lingkungan belajar pertama yang diperoleh anak dan mejadi fondasi yang kuat untuk membentuk karakter.

Tujuan pendidikan karakter untuk memfasilitasi penguatan dan pengembangan sehingga terbentuk perilaku perserta didik  yang baik saat di sekolah maupun dilingkungan sekitarnya, pendidikan sekolah bukan sebuah dogmatisasi nilai saja tetapi sebuah proses yang membawa peserta didik memahami pentingnya mewujudkan nilai – nilai yang baik dalam kehidupan sehari – hari.

Membangun koneksi yang hormoni dengan keluarga,teman dan masyarakat dalam pengembangan karakter,bahwa karakter disekolah harus dihubungkan dengan pola asuh di keluarga jika pendidikan di sekolah hanya bertumpu pada interaksi antara peserta didik dengan guru dikelas dan sekolah dan tidak dibarengi dengan karakter yang sama di lingkungan keluarga dan dilingkungan masyarakat maka akan sulit untuk dicapai.

Sekolah bukan hanya menjadi sarana untuk menuntut ilmu pengetahuan tetapi juga menjadi lingkungan sosial bagi peserta didik untuk belajar bersosialisasi dengan temannya sebelum mereka menghadapi lingkungan yang lebih luas di masyarakat .

(Red/ Ananda Rizal N H)
Nim: 2018015005
Kampus: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Asal: Yogyakarta