Pentingnya Etika dan Moral dalam Dunia Pendidikan

Kampus Kita Politik

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Dunia pendidikan di Indonesia sekarang sangat mengerikan, dengan perubahan zaman yang semakin maju terkadang nilai moral dan etika sering terlupakan.

Anak-anak dengan mudah mencari informasi dari a-z melalui handphone android mereka masing-masing. Dari sinilah orang tua harus lebih berhati-hati dalam memberikan anak fasilitas.

Bukannya melarang anak dalam memberikan fasilitas yang sudah memadai,  tetapi sebagai orang tua harus mengetahui arus yang positif dan negatif dalan handphone tersebut. 

Kebanyakan sekarang ini anak PAUD/TK/SD sudah menggunakan handphone tanpa disadari oleh orangtua, dan itu akan membahayakan etika dan moral anak.

Misal dalam kehidupan sehari-hari anak-anak PAUD/TK/SD menggunakan handphone terus menerus akan merusak mata anak. 

Jika, seorang anak PAUD/TK/SD menggunakan handphone tidak mau berhenti tanpa disadari anak akan membangkang kepada orangtua untuk terus menggunakan handphone.

Dari situlah akar permasalahan terbentuknya karakter anak yang negatif dan munculah etika anak yang kurang baik. 

Pendidikan di Indonesia saat ini harus lebih diperhatikan oleh pemerintah dengan cara menumbuhkan pendidikan karakter anak sejak dini.

Pendidikan karakter ditanamkan kepada anak sejak dini untuk menumbuhkan etika dan sopan santun terhadap anak.

Pendidikan karakter sendiri tidak hanya dilakukan di lingkungan sekolah. Pendidikan karakter bisa ditanamkan juga di lingkungan keluarga dan masyarakat. 

Adanya perubahan kurikulum juga akan membentuk karakter anak dalam proses pembentukan karakter dibidang pendidikan.

Dengan pola pikir anak yang mandiri dan disiplin akan  membentuk moral dan etika yang baik. Dengan itu budi pekerti akan tumbuh dengan sendirinya di kehidupan anak untuk perubahan kehidupan bangsa Indonesia.  *

(Red/Tifanny Ryantika/Mahasiswa,Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)