PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK SD

Kampus Kita Politik

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pendidikan karakter di beberapa negara sudah mendapatkan prioritas sejak pendidikan dasar dimulai. Namun di Indonesia, pendidikan karakter masih dipandang sebagai wacana dan belum menjadi bagian yang terintegrasi dalam pendidikan formal. 

Pentingnya pendidikan karakter dalam sistem pendidikan formal khususnya pada pendidikan sekolah dasar. Individu yang memiliki perilaku baik atau buruk dipengaruhi oleh pengalaman masa lalu dalam kaitannya dengan pembangunan karakter yang mereka terima. Keluarga yang bahagia atau keluarga broken-home 

Pengalaman yang dirasakan oleh seorang anak pada masa kecilnya sangat berpengaruh dalam membentuk karakter pada saat anak tersebut menjadi dewasa. Oleh karena itu, tidak heran pendidikan karakter penting dimulai dari saat anak mulai bergaul dengan temannya seperti pada tahapan SD

Berikut ini beberapa pendidikan karakter yang diperlukan saat Anak masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD):

  1. Bersyukur dan Berterima kasih

Salah satu karakter yang dibutuhkan untuk anak-anak adalah rasa syukur dan berterima kasih. Untuk mengajari anak SD mengenai makna karakter ini, Anda dapat membuat sebuah pohon kecil yang mana setiap minggunya, Anak tersebut harus menuliskan sesuatu yang ia syukuri.

  1. Saling Memuji

Daripada saling menjatuhkan satu sama lain, ajaklah anak Anda untuk saling memuji teman sekelasnya dengan cara menuliskan pujian pada sebuah kertas dan diberikan secara bergilir.

Selain mengajarkan anak Anda untuk memuji orang lain, secara tidak langsung anak Anda juga akan lebih termotivasi dan optimis berkat pujian dari teman sekelasnya.

  1. Empati

Mengajarkan empati sebenarnya tidak sulit, contohnya adalah dengan mengajak anak Anda membuat jejak kakinyya, baik dengan cara berjalan di atas pasir atau menggambar kaki di atas sebuah karton besar.

Kemudian Anda juga melakukan hal yang sama dan ajaklah anak Anda untuk mengikuti jejak kaki Anda. Dengan cara ini, anak Anda akan mengerti contoh dari empati dan tidak semua orang berjalan dengan rute yang sama.

  1. Mengatasi Konflik dan Isu

Anda dapat mengajarkan teknik penyelesaian konflik atau masalah dengan cara mengajak anak untuk menuliskan ide-ide penyelesaian di suatu buku.

Selain menuliskan masalah, imbau anak Anda untuk menuliskan penyelesaiannya dan sikap baik yang seharusnya ditunjukkan. Dengan melakukan hal ini setiap minggunya, anak Anda akan termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik

  1. Berbisnis 

Usia SD memang masih tergolong usia kecil, tetapi tidak ada salahnya untuk mengajarkan teknik berbisnis.

Mulailah dari berdiskusi mengenai ide-ide bisnis yang mereka miliki dan apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan, seperti karakter apa yang mereka butuhkan untuk mencapai kesuksesan tersebut.

Anda pun dapat mengajak anak untuk memberikan salah satu contoh tokoh yang diidolakannya dan sifat baik apa yang mereka miliki.

  1. Jadilah Contoh yang Baik

Ingatlah bahwa anak Anda juga belajar dengan memperhatikan, dan selain Anda mengajarkan anak, Anda pun dituntut untuk harus memberikan contoh yang baik sehingga mereka dapat menirunya.

Daripada memarahi anak Anda, lebih baik berikan mereka contoh sehingga mereka dapat belajar langsung dari pengalam ,

(Red/ Ditya yulika Kurnia,Universitas : (UST) Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )