Peran Orangtua Sangat Penting Dalam Motivasi Belajar Anak Di Sekolah Dasar

Kampus Kita Politik

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pentingnya orangtua memotivasi anaknya dalam proses pembelajaran, khususnya bagi siswa di sekolah dasar. Motivasi itu sendiri merupakan dorongan atau semangat untuk mencapai tujuan yang diinginkan. 

Mungkin sebagian dari orangtua berpikir bahwa hanya tugas gurulah yang mengajar dan mendidik serta memotivasi anak didiknya dan bukan tugas orangtua dirumah. Justru pikiran seperti itulah yang harus dihilangkan. Karena proses pembelajaran tidak hanya di sekolah saja dan tidak hanya dididik oleh guru saja, melainkan orangtua juga harus  mendidik, menuntun, dan memberi motivasi kepada anaknnya agar mereka lebih semangat dalam melaksanakan kewajibannya yaitu belajar. Karena pada era milenial ini siswa lebih mementigkan bermain gadget dibandingkan membaca buku dan belajar. Padahal gadget tidak hanya berdampak positif saja, namun gadged bisa berdampak negatif pada anak khususnya pelajar.  Peristiwa ini sangat disayangkan. Dengan demikian dukungan terpenting bahkan dari orangtua karena anak lebih sering bertatap muka dengan orangtuanya dibanding dengan guru yang hanya disekolah saja. Orangtua lah yang paling dekat dengan anak dan yang bisa memahami sifat anaknya.

Bagi siswa atau anak di sekolah dasar yang memang tingkatannya masih di dasar dan belum bisa berpikir secara kritis, yang mana siswa di sekolah dasar ini harus lebih diberi masukan atau dorongan yang positif khususnya dari orangtuanya. Selain motivasi, orangtua juga sebaiknya memberikan fasilitas yang dibutuhkan anaknya agar dapat menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga tingkat belajarnya lebih optimal.

Beberapa contoh motivasi yang dapat dilakukan oleh orangtua kepada anaknya :

  1. Memberikan contoh yang baik
  2. Memberi pujian kepada anaknya
  3. Membantu anak untuk bertanggung jawab pada pelajarannya
  4. Mengajari anak dengan tidak bernada kasar atau membentak – bentak
  5. Tidak membatasi hobi anak selagi itu positif
  6. Memberikan hadiah bila anak menjadi juara
  7. Memberikan dukungan dan semangat, dll

Jadi keterlibatan orangtua sangat penting bagi anak agar dapat berhasil baik di sekolah dasar. Maka dari itu peran orangtua sangat penting untuk membantu memotivasi anak agar dapat mencapai tujuan yang maksimal.

(Red/ Heza Yufinata Puspitaningrum NIM : 2018015002 Asal : Yogyakarta Status : Mahasiswi PGSD di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta  )