Pilkada 2020 : Masa Kampanye Dimulai Awal Oktober 2020

Bogor Now Hukum Politik

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Masa kampanye Pilkada 2020 bakal dimulai pada awal Oktober 2020. Masa kampanye akan berlangsung selama 71 hari hingga memasuki minggu tenang.

“Pendaftaran calon akan dilakukan di awal atau minggu pertama bulan September. Kemudian awal Oktober mungkin akan ditetapkan pasangan calon dan tiga hari kemudian ditetapkan akan dimulai masa kampanye,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman di Jakarta, Selasa (16/6/2020).

KPU, kata dia, akan menyusun Peraturan KPU (PKPU) terkait aturan kampanye sebelum memasuki masa kampanye.

Dia menuturkan tahapan pilkada yang berpotensi menimbulkan kerumunan orang akan disesuaikan dengan protokol kesehatan pencegahan virus korona (covid-19).

Dia menyebut KPU masih mempunyai cukup waktu untuk mendesain peraturan tata cara kampanye. Sehingga bisa menjamin terlaksananya protokol kesehatan dan kualitas demokrasi.

“Jadi kita masih cukup punya waktu, punya ruang untuk menjadikan nanti peraturan-peraturan KPU tentang kampanye kalau memang dibutuhkan,” tutur dia.

Dia menyebut sebelum ada aturan baru untuk kampanye, maka masih berlaku aturan lama sesuai Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tetang Pilkada. Arief menyebut tidak ada larangan kampanye tatap muka.

Namun, kampanye akan didesain sesuai situasi saat ini. Mulai dari mengenakan masker atau alat pelindung diri (APD) hingga pada proses kampanye melalui media.

Dia menambahkan masa kampanye tidak akan diperpanjang. Arief menilai masa kampanye selama 71 hari sudah sangat cukup. (Red)