Pilkada Depok 2020 : PDI Perjuangan Sepakat Berkoalisi Dengan Partai Gerindra

Nusantara Politik

KORANBOGOR.com,DEPOK-Pemilihan Wali Kota (Pilaalkot) Depok yang akan digelar 23 September 2020 mulai memanas di awal tahun. Sejumlah partai politik mulai menjalin koalisi.

Partai PDI Perjuangan (PDIP) yang menyepakati koalisi dengan Partai Gerindra dalam Pilkada Depok 2020. Kesepakatan ini terumuskan Jumat (24/1/2020) malam di Rumah Makan Betawi Ngumpul, Jalan Raya Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Depok Ikravany Hilman mengatakan, koalisi ini sudah mendapat amanat dari kedua Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Karena pertama ada kesamaan ideologi antara PDIP dengan Gerindra.

Pertimbangan yang kedua, adalah kedua parpol melihat tidak ada jalan lain selain berkoalisi dalam memecahkan masalah yang ada.

“Kami masih menunggu DPP. Untuk tingkat DPC menyatakan sikap untuk komitmen berkoalisi menyelesaikan masalah dan membangun Depok bersama-sama,” ujar Ikravany saat dihubungi Sabtu, (25/1/2020) di Depok, Jawa Barat.

Dalam rapat antara PDIP dan Gerindra ini kata dia, ada kesepakatan bahwa Gerindra mengusulkan wali kota, sementara PDI Perjuangan mengusung wakil wali kota.

Calon wali kota yang akan diusung oleh kedua partai ini adalah Pradi Supriatna. Sedangkan untuk calon wakil wali kota belum ada satu nama yang pasti karena masih melalui proses penggodokkan.

Lebih lanjut diungkap Ikravany, meskipun PDIP dan Gerindra telah menandatangani komitmen berkoalisi di Pilkada Depok 2020, kedua parpol membuka peluang bekerja sama dengan parpol lain untuk berkoalisi.

Sementara itu, Sekretaris DPC Partai Gerindra Kota Depok Hamzah mengatakan bahwa koalisi ini sudah lama direncanakan dan kesepakatan untuk berkoalisi di Pilkada Depok diperkuat oleh DPP dan DPD Partai Gerindra.

Bahkan Ketua DPD Gerindra Jawa Barat telah menandatangani MoU untuk berkoalisi dengan PDI Perjuangan di Pilkada 2020 di seluruh Jawa Barat.

“Untuk seluruh Jawa Barat yang melaksanakan pilkada sudah mendapat mandat dari ketua DPD kami untuk berkoalisi dengan PDI Perjuangan.

Baik PDI Perjuangan dan Gerindra sudah clear, bahwa kami diperintahkan berkoalisi di Pilkada Depok 2020 ini,” kata Hamzah.

Dia juga mengundang partai lain yang ingin bergabung membangun koalisi yang lebih besar.

“Kami akan ajak diskusi kembali rekan-rekan dari partai-partai lain untuk bisa bergabung juga dengan kami, untuk bisa mencurahkan pikiran dan visi-misi partainya untuk bersama-sama membangun Kota Depok ke depannya,” tutur Hamzah. (Red)