Presiden Jokowi : UU Cipta Kerja Hapus Pungli !

Hukum Politik

KORANBOGOR.com,JAKARTTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja akan mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi.

“Ini jelas. Karena dengan menyederhanakan, dengan memotong, dengan mengintegrasikan ke dalam sistem perizinan secara elektronik maka pungutan liar (pungli) dapat dihilangkan,” kata Jokowi saat memberikan keterangan pers secara virtual di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (9/10/2020).

Sebelumnya, Jokowi menegaskan keberadaan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja akan memudahkan masyarakat, khususnya usaha mikro kecil (UMK), untuk membuka usaha baru.

Menurut Presiden regulasi yang tumpang tindih dan prosedur yang rumit untuk membuka usaha baru dipangkas. Perizinan usaha untuk usaha mikro kecil tidak diperlukan lagi. Mereka hanya melakukan pendaftaran saja.

Selain itu, pembentukan perseroan terbatas (PT) juga dipermudah. Artinya tidak ada lagi pembatasan modal minimum.

Selanjutnya, bagi UMK yang bergerak di sektor makanan dan miniman, sertifikasi halalnya dibiayai oleh pemerintah. “Artinya gratis,” ucap Jokowi.

Begitu juga dengan izin kapal nelayan penangkap ikan, tambah Jokowi, tidak perlu lagi mengajukan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan dan instansi-instansi lainnya.

Cukup hanya datang ke unit kerja Kementerian Kelautan dan Perikanan saja. (Red_