Presiden Setuju Pengunduran Diri Stafsus Andi Taufan

Hukum Politik

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Staf Khusus Presiden RI Andi Taufan Garuda Putra mengundurkan diri. Andi menjadi Stafsus Presiden kedua yang kedua menyatakan mundur setelah Adamas Belva Syah Devara.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung membenarkan pengunduran diri Andi Taufan. Menurut dia yang bersangkutan telah mengajukan permohonannya pada Presiden Joko Widodo pada 17 April 2020.

“Memang benar saudara Andi Taufan telah mengajukan pengunduran diri kepada Presiden pada tanggal 17 April 2020,” ujar Pramono kepada wartawan, Jumat (24/4/2020).

Menurut Pram, Jokowi sudah menerima dan menyetujui pengunduran diri Andi Taufan dari jabatannya. Kepala Negara juga memahami alasan yang mendasari pengunduran diri yang bersangkutan.

“Presiden sudah menerima dan menyetujui pengunduran diri saudara Andi Taufan dan memahani alasan yang mendasari dan disampaikan oleh yang bersangkutan,” tutur politikus PDI Perjuangan itu.

Meski demikian, kata Pram, Jokowi menghargai komitmen Andi Taufan yang ingin mengabdikan diri secara penuh kepada penguatan ekonomi masyarakat bawah terutama usaha mikro.

“Karena penguatan ekonomi lapisan bawah terutama UMKM juga menjadi perhatian Bapak Presiden selama ini,” tutup Pram.

Sebelumnya, Andi Taufan Garuda Putra mengundurkan diri dari jabatan Staf Khusus Milenial Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia juga merupakan pendiri sekaligus CEO PT Amartha.

Andi Taufan menyusul CEO Ruangguru Belva Devara yang juga telah mengundurkan diri beberapa hari yang lalu. Di mana, keduanya mempunyai 2 jabatan yaitu staf khusus Presiden dan CEO perusahaan.

Sebelumnya, Staf Khusus Presiden, Andi Taufan Garuda Putra, pada awal bulan menyurati camat di seluruh wilayah Indonesia mengenai kerja sama program antara pemerintah dan PT Amartha Mikro Fintek terkait Relawan Desa Lawan Covid-19.

Selain menjabat sebagai stafsus, Andi adalah pendiri dan ketua eksekutif Amartha. Ia akhirnya menarik surat dengan kop Sekretariat Kabinet itu dan meminta maaf dalam surat terbuka pada Selasa 14 Februari 2020.(Red)