Selain Corona,Pemerintah Juga Minta Masyarakat Mewaspadai Demam Berdarah

Hukum Nusantara Politik

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto menghimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan ditengah Wabah Covid-19 ini. Apalagi dalam musim pancaroba, potensi adanya penyebaran penyakit lainnya seperti Demam Berdarah (DBD) harus ditangani secara dini dengan menjaga kebersihan dan kesehatan.

“Saya Ingatkan sekali lagi, pada bulan-bulan ini, secara klasik kita masuk pada tahapan pancaroba. di mana gambar yang klasik dari episode ini adalah munculnya penyakit demam berdarah.

Oleh karena itu, bersama keluarga di rumah, Mari lakukan pemberantasan sarang nyamuk,” ujar Yuri dalam konferensi pers Di Kantor BNPB, Minggu (5/4).

Pria yang juga Dirjen Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (Dirjen P2P) Kemenkes tersebut khawatir, penyebaran penyakit DBD di musim pancaroba akan bercampur dengan pandemi Covid-19 dan akan memperburuk angka kesakitan serta angka kematian yang terjadi.

“Untuk itu, tetap jaga kesehatan dan kebersihan. Semua permasalahan ini kuncinya adalah keluarga. Makin banyak keluarga yang sehat, maka makin banyak masyarakat kita yang menunjukan tingkat kesehatan yang kuat,” Tungkas Yuri.

Menurut Yuri, Keluarga adalah basis dari upaya pencegahan dan pengendalian penyakit. Oleh karena itu, manfaatkan waktu yang sebaik-baiknya untuk dua hal. yang pertama, berikan suasana gembira di rumah. Keluarga bisa memanfaatkan waktu untuk tetap menjaga imunitas dengan tetap melaksanakan kegiatan-kegiatan fisik yang bermanfaat.

“Kemudian kendalikan emosi, sajikan makanan yang sehat dan bergizi, tentunya kesempatan yang baik untuk bisa beribadah berdoa bersama keluarga, dan kemudian waktu yang paling baik untuk bisa berkomunikasi Intens dengan keluarga seluruhnya, di samping tetap masih harus aktif produktif meskipun dari rumah,” pungkasnya. (Red)