Setelah Pedestarian Suroto, Kini Pedestarian Sudirman Diluncurkan Walikota Yogyakarta

Nusantara Politik

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA — Untuk sambut tahun baru 2020, pedestrian Sudirman sepanjang 1.200 meter diluncurkan Walikota Yogyakarta Drs Haryadi Suyuti bersama Wakil Walikota Yogyakarta Drs Heroe Poerwadi, MA, Senin (30/12/2019) siang. Sebelumnya, sudah diresmikan Pedestrian Suroto yang dibuka untuk umum.

“Pedestrian ini sudah diperlebar sehingga para pejalan kaki bisa lebih leluasa saat melintas,” kata Haryadi Suyuti.

Pedestrian sepanjang 700 meter di sisi selatan dan 500 meter di sisi utara ini tampil maksimal karena sudah memakai sistem ducting dalam penataan kabel telekomunikasi.

“Sistem ducting untuk menata kabel telekomunikasi berhasil kita lakukan tanpa ada somasi, ini bentuk kerjasama terbaik di Indonesia antara pemerintah dengan asosiasi pengusaha jasa internet,” kata Haryadi.

Dengan sistem ducting, pendestrian Jalan Sudirman bebas dari lalu-lalang kabel yang melintas. “Sehingga pedestrian ini tampil lebih rapi dan tidak menyibukkan mata,” papar Haryadi.

Pedestrian Sudirman yang dibangun dengan total biaya Rp 13 miliar itu dilengkapi 31 bangku dan taman agar ramah bagi para pejalan kaki. Awalnya hanya selebar 2,4 meter, tapi setelah diperluas menjadi 4,2 meter.

Kawasan Jalan Jenderal Sudirman, tidak jauh dari Tugu Pal Putih yang merupakan kawasan bisnis jantung kota Yogyakarta, diharapkan menjadi pedestrian alternatif setelah Malioboro.

Setelah Jalan Jenderal Sudirman, kawasan Tugu Pal Putih juga akan dibebaskan dari kabel. “Semua kabel akan dirapikan dengan sistem ducting,” terang Haryadi Suyuti.

Bagi Haryadi, kabel milik PT PLN belum bisa dirapikan dengan sistem ducting. “Karena harus menggunakan spesifikasi khusus yang tidak bisa dijadikan satu dengan kabel telekomunikasi,” ungkapnya.

Ke depan, penataan kabel dengan sistem ducting ini akan terus dikembangkan Pemkot Yogyakarta yang mencakup kabel listrik, telekomunikasi, PDAM, dan gas.

Selain itu, kelengkapannya pun akan ditambahkan berupa kamera CCTV dan bangku yang dirasa masih kurang.

Untuk menjaga kebersihan, Januari 2020 akan ada satgas khusus dari Dinas Lingkungan Hidup di pedestrian Suroto dan Jenderal Sudirman. “Hal itu untuk menjaga kebersihan kedua pedestrian ini,” papar Haryadi Suyuti. (Affan)