Singapura Telah Mencapai 12 Ribu Kasus Covid-19

Internasional Politik

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Singapura mengonfirmasikan sebanyak 897 kasus baru covid-19 per Jumat (24 April) siang, menjadikan total nasional menjadi 12.075.

Sembilan klaster baru juga diidentifikasi, termasuk Strand Hotel dan Natureland East Coast, sebuah spa kesehatan.

“Sebagian besar kasus baru adalah pemegang izin kerja yang tinggal di asrama pekerja asing,” kata Kementerian Kesehatan (MOH) dalam rilis awal angka-angka tersebut.

Sebanyak 13 dari kasus tersebut adalah warga Singapura atau penduduk tetap, dan 12 adalah pemegang izin kerja.

Sebanyak 853 kasus di Jumat adalah pemegang izin kerja yang tinggal di asrama, MOH mengonfirmasi dalam pembaruan kemudian. Sebanyak 19 lainnya adalah pemegang izin kerja yang tinggal di luar asrama.

“Dari kasus-kasus baru, 68% terkait dengan klaster yang diketahui, sementara sisanya sedang dilakukan pelacakan kontak.

Adapun kematian kasus 8.190 pada Kamis (23/4) dilaporkan karena disebabkan oleh ‘beberapa cedera yang cocok dengan yang disebabkan oleh jatuh dari ketinggian, dan bukan karena komplikasi covid-19,” kata MOH.

Sebanyak 38 kasus infeksi covid-19 telah dipulangkan dari rumah sakit atau fasilitas isolasi komunitas. Secara total, 956 telah sembuh sepenuhnya dari infeksi covid-19 di Singapura.

Saat ini ada 1.229 kasus yang dikonfirmasi yang masih di rumah sakit. Dari jumlah tersebut, sebagian besar stabil atau membaik, dan 24 dalam kondisi kritis di unit perawatan intensif.

Jumlah pasien yang diisolasi dan dirawat di fasilitas komunitas berjumlah 9.878 orang.

“Ini adalah mereka yang memiliki gejala ringan, atau secara klinis baik tetapi masih dinyatakan positif covid-19,” kata MOH.

Sejauh ini tercatat 12 orang telah meninggal karena komplikasi akibat infeksi covid-19 di negara kota tersebut.

Singapura telah memasuki dua minggu lebih penerapan periode ‘circuit breaker’, sebuah langkah oleh pemerintah untuk memutus siklus transmisi covid-19. Periode awalnya dijadwalkan berakhir pada 4 Mei, tetapi diperpanjang hingga 1 Juni. (CNA/Red)