SULITNYA MATEMATIKA BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Kampus Kita Politik

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Matematika adalah ilmu yang mempelajari tentang besaran, struktur, bangun ruang, dan perubahan-perubahan yang ada pada suatu bilangan.

Matematika berasal dari bahasa Yunani yaitu mathematikos yang artinya ilmu pasti. Sedangkan dalam bahasa Belanda matematika disebut sebagai wiskunde yang artinya ilmu tentang belajar. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang ada disekolah, baik ditingkat SD, SMP, SMA/SMK.

 Banyak orang menganggap matematika adalah salah satu mata pelajaran yang sulit. Ketidaksenangan siswa untuk mendalami pelajaran matematika dapat menjadi masalah bagi guru SD dalam proses belajar mengajar.

Banyak siswa SD menganggap matematika sulit karena melibatkan banyak angka dan memiliki banyak rumus yang  rumit.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan siswa SD menganggap matematika sulit, yaitu sugesti dari diri siswa yang berpikiran bahwa matematika itu sulit sehingga malas untuk mencoba dan belajar, guru yang membosankan karena guru SD mengajarkan banyak pelajaran jika guru tersebut juga kurang suka terhadap matematika dapat dipastikan suasana dikelas saat pembelajaran membosankan.

Padahal di tingkat SD merupakan tahapan dasar untuk mencetak dasar pola pikiran siswa, kemudian sikap siswa yang mudah menyerah begitu melihat soal yang sulit mereka langsung tidak mau mengerjakan, dan matematika juga memerlukan pemahaman yang baik tetapi tingkat pemahaman setiap siswa berbeda-beda sehingga guru harus memperhatikan siswa yang belum paham.

Sebenarnya matematika bukan suatu pelajaran yang sulit, jika siswa bersungguh-sungguh mau berusaha dan berlatih.

Selain itu pikiran negatif yang berhubungan dengan matematika harus dihilangkan,keterampilan dasar matematika seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian,dan perkalian harus diperkuat,kemudian dampingan dari orang tua saat siswa belajar dirumah,dan guru harus memikirkan bagaimana cara mengajar yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa. *

(Red/ Danur Milga Utami dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa di Yogyakarta  )