Tahun Ini Dilarang Mudik ,Semua Pihak Terkait Malam Ini Turun Ke Jalan Jam 00-00 Wib

Hukum Politik

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Kementerian Perhubungan akan segera mengimplementasikan aturan larangan mudik. Rencananya larangan mudik akan dilakukan mulai 24 April pukul 00.00 WIB.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, seluruh pihak mulai akan turun ke lapangan mulai malam nanti.

Pihak keamanaan akan mulai melakukan penyekatan pada jalan-jalan keluar dan masuk di wilayah Jabodeteabek maupun wilayah zona merah lainnya.

“Untuk itu kami meminta anggota masyarakat untuk mempersiapkan diri dan mematuhi peraturan. Mulai malam ini semua unsur turun ke lapangan,” ujarnya dalam teleconfrence, Kamis (23/4/2020).

Menurut Adita, meskipun ada pelarangan mudik namun pemerintah tidak akan melakukan penutupan pada jalan-jalan nasional ataupun jalan tol. Yang dilakukan hanyalah penyekatan pada kendaraan yang akan keluar dari wilayah Jabodetabek ataupun wilayah zona merah lainnya.

“Juga perlu kami tegaskan bahwa tidak ada penutupan jalan nasional maupun jalan tol, tetapi yang dilakukan adalah pendekatan atau pembatasan kendaraan yang diizinkan melintas atau tidak,” ucapnya.

Menurut Adita, nantinya seluruh kendaraan pribadi maupun transportasi umum dilarang untuk melintas. Sedangkan untuk kendaraan logistik ataupun kendaraan medis masih diperbolehkan untuk lewat.

“Hal ini ditujukan untuk menjamin kelancaran angkutan logistik yang dibutuhkan ketersediaannya oleh seluruh lapisan masyarakat,” ucapnya.(Red)