Tahun Ini ,Istana Presiden Dan Wakil Presiden Tak Menggelar Open House Hari Idul Fitri 1441H

Nusantara Politik

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Fadjroel Rachman memastikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres KH Ma’ruf Amin tak akan menggelar open house saat perayaan Hari Idul Fitri 1441 H atau Lebaran 2020.

Menurut dia, Kepala Negara dan wakilnya ingin mematuhi pendisiplinan sesuai peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo yang disampaikan melalui Mensesneg Pratikno pada hari Jumat 22 Mei 2020 bahwa untuk mematuhi pendisiplinan sesuai peraturan PSBB maka tidak ada penyelenggaraan open house Hari Raya Idul Fitri 1441 H di Istana Presiden dan di Istana Wakil Presiden,” ujar Fadjroel dalam keterangannya, Sabtu (23/5/2020).

Fadjroel menambahkan, para menteri dan kepala lembaga negara di Kabinet Indonesia Maju juga tidak akan menggelar open house saat merayaran Lebaran.

“Demikian pula tidak ada penyelenggaraan open house Hari Raya Idul Fitri 1441 H di kantor kementerian dan lembaga, termasuk juga di rumah para menteri dan kepala lembaga di manapun selama berlakunya PSBB,” tandasnya.

Sebelumnya, Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin memastikan bahwa Presiden Jokowi tak akan menggelar open house pada tahun ini.

Meski demikian, Bey menuturkan, Presiden Jokowi tetap mendorong agar tradisi silaturahmi saat Lebaran terus dilakukan meskipun tidak berjumpa secara tatap muka. Menurutnya, silaturahmi tersebut bisa dilakukan secara virtual dengan memanfaatkan berbagai media dan teknologi.

“Tradisi silaturahmi bersama keluarga dan kerabat agar terus dijaga. Meski tidak bertemu secara langsung, silaturahmi bisa dilakukan secara virtual,” kata Bey.(Red)