Tiga Rumah Sakit Swasta Jadi Rujukan COVID-19

Hukum Politik

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Sebanyak tiga rumah (RS) milik swasta bersedia menjadi Rumah Sakit rujukan untuk penanganan pasien yang terinfeksi virus corona atau covid-19 dan menyediakan total 300 tempat tidur khusus. Adapun ketiga Rumah Sakit tersebut adalah Rumah Sakit Siloam Kelapa Dua, Rumah Sakit Keluarga Jatiasih dan Rumah Sakit Hermina Karawang.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan ketiga Rumah Sakit tersebut nantinya hanya akan didedikasikan untuk merawat semua kasus covid-19.

Oleh karena itu sementara kasus yang lain akan dipindah ke Rumah Sakit lain. “Ada tiga rumah sakit swasta yang siap untuk merawat pasien covid-19,” jelas Yuri.

Selain itu, dalam pertemuan dengan Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi), Achmad Yurianto juga mengatakan ada tiga jejaring laboratorium yang bisa digunakan untuk melakukan pemeriksaan virus covid-19 yakni Laboratorium Siloam, Kalbe dan Laboratorium Bunda Grup.

Menurut Yuri, hal tersebut merupakan kabar baik di tengah penanganan covid-19 ini. Melalui sarana dan prasarana serta infrastruktur dari RS swasta dan ketersediaan laboratorium tersebut dapat membantu mendeteksi dan menangani kasus lebih cepat dan maksimal.

“Dengan ini maka deteksi dini penemuan kasus bisa cepat dan maksimal,” tambah Yuri.

Sebelumnya Pemerintah juga telah menyediakan 109 rumah sakit milik TNI, 53 rumah sakit milik Polri dan 65 rumah sakit milik BUMN yang telah siap menangani pasien covid-19.

Sumber Berita: BNPB