UPAYA MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PADA SISWA UNTUK PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Kampus Kita Politik

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pendidikan Sekolah Dasar merupakan pendidikan yang formal, sebagai  pendidikan pertama dan memiliki peran serta tanggung jawab untuk mengembangkan sikap, cara berperilaku yang baik dan sopan.

Dalam pendidikan formal, yang mendasari ilmu-ilmu pengetahuan, pembentuk kepribadian, dan moral,  dengan pemberian dasar ilmu yang positif. Melalui pemberian dasar ilmu yang positif bagi siswa akan memiliki pengaruh yang baik untuk jenjang pendidikan selanjutnya. 

Minat merupakan aspek terpenting guna memotivasi siswa supaya mencapai perhatian, belajar dan berprestasi. Minat adalah dorongan dalam diri seseorang yang menimbulkan ketertarikan secara efektif pada hal lain.

Dipilihnya objek serta kegiatan yang lebih menguntungkan, menyenangkan, mengembirakan, dan mendatangkan kepuasan tersendiri bagi dalam diri seseorang.                                                           

Cara guru menumbuhkan minat belajar pada siswa:

  1. Memberikan motivasi yang baik pada diri anak didik, sehingga dia rela belajar tanpa adanya keterpaksaan 
  2. Memberikan kesempatan pada anak didik untuk belajar dengan lingkungan belajar yang kondusif dan kreatif
  3. Menggunakan berbagai macam bentuk dan teknik dalam mengajar individual anak didik, agar anak dengan mudah memahaminya 

Fungsi minat dalam belajar:

  1. Minat yang mempengaruhi cita-cita 

Sebagai contoh anak yang menyukai olahraga pasti cita-citanya menjadi seorang olahragawan, sedangkan anak yang menyukai pendidikan tentu cita-citanya menjadi seorang guru yang patut untuk ditiru dan dibanggakan 

  1. Minat sebagai pendorong diri yang kuat

Minat seorang anak untuk menguasai mata pelajaran yang harus dicapai dengan nilai yang baik. Contohnya dengan belajar berkelompok dirumah temannya meskipun cuaca yang tidak mendukung karena hujan 

  1. Hasil selalu dipengaruhi oleh jenis dan intensitas

Minat seorang anak didik yang berdeda, meski telah diajar guru yang sama dan penyampaian materi yang sama namun antara  satu anak dengan anak yang berbeda lain mendapatkan jumlah pengetahuan yang berbeda. Hal ini terjadi karena daya serap mereka dan daya serap dipengaruhi pada intensitas minat anak didik

Dalam hubunganya dengan pemusatan dalam perhatian pada anak didik, minat menjadi hal utama sebagai perhatian yang serta merta, mampu  memudahkan terciptanya pemusatan perhatian dan mencegah gangguan perhatian dari luar diri.

Oleh karena itu minat belajar mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam belajar karena apabila bahan materi pelajaran tidak sesuai dengan minat siswa, maka siswa tersebut tidak akan  belajar dengan sebaik-baiknya dan tidak maksimal dalam memahami pelajaran, sebab tidak adanya daya tarik baginya.

Sedangkan apabila bahan materi pelajaran itu menarik minat siswa, maka ia akan cepat dan mudah dalam mempelajari, mampu disimpan dalam ingatan karena adanya minat  sehingga manambah kegiatan belajar yang baik bagi siswa. 

Fungsi minat belajar yang lebih besar gunanya sebagai motivating force yaitu sebagai kekuatan yang dapat mendorong siswa untuk belajar.

Siswa yang berminat pada pelajaran akan terlihat dan tampak tekun dalam belajar, sedangkan siswa yang kurang menyukai pelajaran maka akan sulit untuk terus tekun dan mau belajar karena tidak adanya pendorong yang kuat.

Oleh karena itu agar siswa mampu memperoleh hasil yang baik dalam belajar seorang siswa harus mempunyai minat terhadap palajaran sehingga akan membantu untuk terus belajar.  

Untuk tercapainya kegitan tersebut tidaklah mudah perlu adanya sebuah proses dan bertahap secara baik.Perlu adanya bimbingan serta pengarahan yang baik dari guru kepada siswa. Serta peran orangtua yang menjadi pemicu utama keberhasilan seorang anak agar terdorong kearah yang baik. 

(Red/ Penulis Nama: Nadia Ahlul Lulita Nim:2018015028 PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )