Warungkadin.com : Kadin Jateng Bantu UMKM Di Era Pandemi

Hukum Politik

KORANBOGOR.com,SEMARANG-Pandemi Covid-19 tidak menghalangi pelaku usaha untuk berproses kreatif. Proses transaksi yang dulu dilakukan secara manual, kini beralih lewat platform digital.

Untuk memberi dukungan kepada pelaku usaha terutama kalangan pelaku usaha segmen Usaha Mikro,Kecil,dan Menengah (UMKM),Kadin Jateng senantiasa memotivasi agar tidak berhenti berproduksi. Kini telah hadir layanan pemasaran daring bernama warungkadin.com.

‘’Kami senantiasa menyemangati UMKM binaan kami yang mana sebagian besar dari mereka terkena imbas pandemi Covid-19.

Melalui warungkadin.com, kami ingin memperluas pasar mereka dan bagaimana bisa menciptakan peluang baru dengan produk-produk unggulan masing-masing,’’ kata Ketua Umum Kadin Jateng Kukrit SW di Semarang, Jumat (3/7/2020).

Ia mengatakan warungkadin.com ini bekerja sama Halosis yang pernah mendapat penghargaan sebagai start up terbaik 2019 dari Presiden Joko Widodo maupun Gojek Award 2019.

‘’Peluncuran warungkadin.com ini merupakan salah satu langkah riil Kadin Jateng tidak pernah berhenti menjadi bagian dari solusi untuk setiap permasalahan UMKM di Jateng,’’ ungkapnya.

Selain memperluas jaringan pasar UMKM lewat platform daring, lanjutnya, Kadin Jateng juga rutin mengadakan webinar. Dalam setiap webinar, Kadin Jateng mendatangkan pembicara dari kalangan praktisi bisnis berpengalaman.

‘’Berbagai pelatihan dan membuka jejaring pemasaran ini mudah-mudahan bisa mengangkat pengusaha UMKM naik kelas.

Dengan begitu, pasar tersedia, jaringan luas, serta UMKM semakin berkualitas baik dari sisi manajemen dan marketing. Kami berharap jangan sampai pada masa pandemi ini produktivitas mereka jadi menurun atau berhenti total,’’ ungkapnya.

Wadah UMKM

Founder Halosis Andrew Darmadi mengemukakan warungkadin.com merupakan wadah UMKM untuk bisa tampil di dunia digital. Semua produk UMKM yang telah diseleksi oleh Kadin Jateng bisa ditampilkan di warungkadin.com.

‘’Selama ini kesulitan mereka adalah menemukan pelanggan atau pasar bagi produk mereka.

Nah,kini mereka bisa memiliki wadah untuk menawarkan produk, bertemu langsung dengan pelanggan untuk bertransaksi. Sebarannya tidak hanya jaringan lokal, tetapi mendunia,’’ katanya.

Andrew yang kini tengah mengikuti program akselerator dari Facebook untuk Asia Pasifik itu menambahkan lewat warungkadin.com, UMKM di Jateng bisa tumbuh bersama.

‘’Konsumen yang ingin melihat potensi UMKM di daerah mereka tinggal pilih kota yang diinginkan.

Warungkadin.com ini bisa dikatakan menjadi market place yang bisa dilihat dari berbagai belahan dunia,’’ tuturnya.

Direktur Eksekutif Kadin Jateng Yunita Dwi mengatakan bagi pengusaha UMKM yang ingin mendaftar di warungkadin cukup mudah dan simpel.

Pertama, download aplikasi Halosis Seller di Playstore secara gratis. Daftarkan akun Halosis dengan mengisi data berupa nama lengkap dan nomor telepon.

Jangan lupa baca privacy policy/kebijakan privasi. Selanjutnya, masukkan kata sandi yang terdiri dari huruf dan angka (8 karakter) dan klik berikutnya.

Lalu masukkan kode verifikasi yang masuk ke nomor seluler untuk masuk ke proses selanjutnya.

Sekarang masukkan data toko, masukan nama, dan kecamatan pengiriman. Isilah dari mana mengetahui tentang Halosis.

Kemudian konfirmasi data yang sudah diisi dan klik berikutnya. Login kembali sesuai dengan data yang telah diisi.

‘’Nah, mudah bukan, sekarang toko online warungkadin.com siap untuk digunakan,’’ kata Ita . (Red)