Wk Ketua MA,Muhammad Syarifuddin Terpilih Sebagai Ketua MA Yang Baru

Hukum Nusantara Politik

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) Bidang Yudisial Muhammad Syarifuddin terpilih sebagai Ketua Mahkamah Agung lewat Sidang Paripurna Khusus digelar di Ruang Kusumaatmaja Gedung MA, Senin (6/4).

Syarifuddin menggantikan Muhammad Hatta Ali yang akan memasuki masa pensiun sebagai Hakim Agung pada Selasa (7/4) besok.

Syarifuddin memperoleh 32 suara dari 47 suara. Sementara, calon lainnya, Ketua Kamar Pengawasan MA Andi Samsan Nganro meraih 14 suara.

“Berdasarkan berita acara hasil perhitungan suara, ternyata Yang Mulia Doktor Haji Muhammad Syarifuddin telah mendapatkan suara sejumlah 32 suara,” kata Ketua MA, Hatta Ali saat membacakan hasil perhitungan suara.

Dengan perolehan suara ini Syarifuddin ditetapkan sebagai Ketua MA terpilih. Meski demikian, terpilihnya Syarifuddin ini harus melalui pemungutan suara dalam 2 tahapan.

Dari perhitungan putaran pertama, Wakil Ketua MA Bidang Yudisial Syarifuddin hanya meraih 22 suara dari 47 suara yang dihitung, dan Ketua Kamar Pengawasan MA Andi Samsan Nganro meraih 14 suara.

Sedangkan Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial Sunarto meraih 5 suara. Tiga calon lainnya, yakni Ketua Kamar Agama, Amran Suadi; Ketua Kamar Pidana Suhadi dan Ketua Kamar Tata Usaha Negara Supandi masing-masing memperoleh satu suara. Selain itu, terdapat dua suara yang dinyatakan tidak sah dan satu suara abstain.

“Karena tidak ada calon yang telah memenuhi suara 50 persen ditambah satu dari suara yang sah, maka sesuai ketentuan Pasal 7 huruf 3 dari Tatib pemilihan MA, maka pemilihan akan dilanjutkan ke putaran kedua,” kata Hatta Ali.

Begitu masuk voting tahap kedua, Syarifuddin berhasil melewati batas suara 50 persen dengan tambahan 10 suara, menjadi 32 dari total 47 suara hakim agung.

Berdasarkan ketentuan keputusan ketua MA, nomor 96/KMA/SK/IV/2020 tentang Peraturan Tata Tertib Pemilihan Ketua Mahkamah Agung, calon Ketua MA yang mendapatkan suara terbanyak dalam putaran kedua, maka langsung ditetapkan sebagai Ketua MA terpilih.

“Maka calon ketua MA tersebut, ditetapkan sebagai ketua MA terpilih,” kata Hatta Ali yang besok pensiun itu, sambil mengetuk palu.(Red)