Zulkifli Zaini Jadi Dirut PLN,Nih Daftar Direksi Baru

Nusantara Politik

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Kekosongan kursi Direktur Utama PLN sejak Sofyan Basir ditetapkan sebagai tersangka korupsi PLTU Riau-1 akhirnya terisi. Namun untuk kursi pimpinan PLN itu pilihan pemerintah bukan jatuh pada mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara seperti yang santer beredar di masyarakat sebelum ini.

Pilihan pemerintah melalui Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir secara resmi menunjuk Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero).

Zulkifli Zaini seorang bankir dari Bank Mandiri sama seperti Sofyan Basir yang sebelumnya di BRI.Selain Zulkifli,Erick Thohir juga menunjuk Amien Sunaryadi sebagai Komisaris Utama PLN.

Erick Thohir sebelumnya berpesan bahwa PLN masih memiliki tugas rumah dengan meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan sebagai sumber listrik. Tak hanya itu ke depan PLN juga akan membentuk ekosistem bisnis yang sehat dengan swasta, BUMD dan BUMDes dalam memproduksi listrik. Dan juga PLN akan fokus pada distribusi.

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) PT PLN (Persero) telah menghasilkan susunan direksi PLN yang baru. RUPS-LB yang dimulai jam 17.00 dilangsungkan di Gedung Kementerian BUMN, di Jakarta,Senin (23/12/2019), menghasilkan keputusan susunan direksi lengkap dan perubahan nomenklatur sebagai berikut:

Susunan Direksi PLN:
-Direktur Utama: Zulkifli Zaini
-Wakil Direkrur Utama: Darmawan Prasodjo
-Direktur Regional Jawa Bali: Haryanto
-Direktur Regional Kalimantan Sulawesi: Syamsul Huda
-Direktur Regional Maluku Papua Nusa Tenggara: Ahmad Rofiq
-Direktur Pengadaan Strategi 1: Sripeni Inten Cahyani
-Direktur Pengadaan Startegis 2: Djoko Abumanan
-Direktur Bisnis Regional Sumatera: Wiluyo Kusdwiharto
-Direktur Perencanaan: Syofvi Felienty Roekman
-Direktur Human Capital: Muhammad Ali
-Direktur Keuangan: Shintya Rusli

Susunan komisaris sebagai berikut:
Komisaris Utama: Amin Sunaryadi
Wakil Komisaria Utama: Suahasil
Komisaris: Ilya Avianti
Komisaris: Independen Deden Juhara
Komisaris: Ridha Mulyana
Komisaris: Budiman (Red)