Bahaya Internet Bagi Anak SD

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Ketika kita mencari tau tentang anak SD diinternet akan muncul konten-konten yang seharusnya anak SD belum sepantasnya mengetahui. Bahkan sering kali muncul berita-berita yang negatif dan sangat berbahaya bagi anak SD. 

Apabila kita sebagai kakak,orang tua, atau sebagai guru tidak seharusnya memenuhi kebutuhan ilmu pengetahuan melalui internet.

Sebagai kakak,guru, atau orang tua seharusnya lebih mengajarkan agar anak tersebut tidak bergantung pada pada tinternet yang ada. Sebaiknya anak lebih diajarkan membaca buku-buku yang tersedia disekolah maupun dirumah. 

Masih banyak lagi bahaya internet untuk anak SD. Biasanya anak SD lebih ingin tau tentang hal-hal yang ada diinternet, maka dari itu sebagai kakak,orang tua atau guru harus benar-benar mengawasi gerak-gerak saat anak tersebut bermain-main dengan internet.

Bayangkan jika kita sebagai kakak,guru atau orang tua selalu memfasilitasi anak dengan internet, apa yang terjadi? Banyak sekali hal negatif yang akan didapatkan dari internet.

Biasanya hal negatif yang didapatkan bersifat seksualitas dan pornografi. Harusnya blogger-blogger lebih bisa mengisi konten blog dengan konten-konten positif.

Seharusnya disekolah sebagai guru kita juga mengajarkan tentang bahaya yang ada ketika kita bermain dengan internet.Harusnya anak SD belum sampai bisa mengakses internet tetapi kenyataan nya sangat berbeda lebih banyak orang tua lebih memberikan internet untuk anak tersebut tanpa mengetahui bahaya yang ada.

Di sekolah anak seharusnya lebih ditekankan untuk bisa mengenali,membedakan perangkat digital.

Jadi biarkan anak-anak dibawah 12 tahun terjebak diinternet. Karena belum pantas untuk anak-anak SD.

(Red/Penulis: Aninggar Lutfia Wikandi dengan NIM 2018015193 dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP), Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar  )