Bahayanya pergaulan bebas pada anak usia dini dan remaja.

Bogor Now

Pada era globalisasi ini banyak sekali budaya asing yang masuk kedalam negara indonesia Dari cara berpakaian dan berperilaku . namun pada saat ini banyak sekali dari kalangan remaja yang suka meniru gaya gaya barat yang tidak sesuai dengan budaya yang ada di indonesia.

Serta  adanya pengaruh dari luar yang mempengaruhi pola hidup anak remaja yang tidak seharusnya ditiru seperti dugem,berhubungan dengan lawan jenis padahal di indonesia.

Melanggar norma agama . sebagai orang tua seharusnya lebih waspada dengan anak agar anak tidak terjerumus ke hal hal yang kurang baik.

Banyaknya pernikahan dini serta banyak anak anak yang dibuang. Oleh orang tuanya karna adanya pergaulan bebas dan tanpa pengawas yang ketat dari orang tua.

Penanaman dan pembentukan karakter anak sejak dini sangat mempengaruhi perilaku anak ada saat dewasa serta kondisi keluarga juga berpengaruh pada dampak perilaku anak.

Seperti kurangnya perhatian dari kedua orang tua karna orang tuanya sudah berpisah atau broken home, serta kedua orang tuanya sibuk dengan pekerjaan sehingga tidak memperhatikan kegiatan apa saja yang dilakukan anak selma diluar rumah.

dari itu kita harus memberi pengetahuan mengenai hal hal yang baik dan yang seharus nya tidak dilakukan . pemahaman mengenai pola pacaran yang baik seperti menjalin pacaran yang sehat , pemahaman mengenai keagamaaan  dan lain lain.

Dengan begitu anak bisa sedikit paham batasan batasan apa saja yang diperbolehkan dan yang tidak diperbolehkan.

(Red/Penulis:  Aruna Ngesti Lestari. Prodi PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Nim 2018015309  )