BERBAGAI OLAHAN TERONG SEBAGAI TEMAN ANAK KOS

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Terung (Solanum melongena) merupakan tumbuhan yang biasa disebut sayuran oleh masyarakat dan biasanya disebut terong. Tanaman terong biasanya tumbuh dengan daun yang besar, batangnya biasanya berduri, bunganya berwarna putih hingga ungu, buahnya berwarna ungu dengan diameter kurang lebih dari 3-5 cm. Buah terong ini, tumbuh menggantung pada tanamannya yang biasanya setinggi 40-150 cm.

Jadi, apa hubungannya terong dengan anak kos?

Begini, sebagai anak kos yang uangnya harus dihemat sehemat mungkin, terong adalah sayuran yang harganya terjangkau untuk dikonsumsi anak kos yang notabene-nya sedang berhemat. 1 buah terong biasanya di jual seharga Rp1500,00. Jadi, ketika tanggal tua, belum di kirim uang oleh orang tua, belum gajian, bahkan di kulkas tidak ada bahan makanan, terong bisa menjadi alternatif makanan sehari-hari yang pasti rasanya tidak kalah dengan daging.

Mengapa rasanya tidak kalah dengan daging? Karena, pada dasarnya terong merupakan buah yang dalamnya lunak, sehingga apabila dimasak akan menjadi lembut didalam mulut. Maknyus deh! Apalagi dimakan sama nasi anget yang baru matang, nagih!

Adapun resep singkat yang menjadi andalan anak kos saat mengolah terong akan dibahas dibawah ini:

Yang pertama, dari yang paling mudah banget dan murah meriah. Yaitu, terong goreng. Bagaimana cara membuatnya? Potong terong, belag menjadi dua dan potong dengan bentuk setengah lingkaran, atau bisa menyesuaikan sesuai selera. Setelah itu, goreng hingga agak kecoklatan. Kemudian tiriskan. Makan terong goreng ini bersama dengan nasi anget dan juga sambel (bisa beli yang sachetan maupun membuat sendiri), dijamin, nagih!

Yang kedua, terong crispy. Cara membuatnya hampir sama dengan terong goreng. Namun dalam pembuatan terong crispy memotong terong dilakukan dengan cara menyerong hingga bentuknya agak oval dan tipis agar renyah. Setelah terong dipotong, terus dimasukkan kedalam tepung siap saji sachetan yang sudah diberi air, kemudian dimasukkan kedalam tepung biasa. Lalu, goreng kedalam minyak yang sudah panas, angkat ketika sudah berwarna agak kecoklatan, tiriskan. Makan selagi hangat, mantap!

Yang ketiga, terong teri. Cara membuatnya cukup mudah, bahannya antara lain terong, ikan teri , bawang merah putih, lombok merah dan hijau bagi yang suka pedas, sedikit kunyit dan laos di uleg sampai halus, lalu panaskan minyak, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan bersamaan dengan daun salam. Ketika sudah harum baunya, masukkan terong dan teri yang sudah digoreng setengah matang. Tambahkan tomat, garam, dan gula agar terasa mantap!

Yang terakhir, terong sambal balado tomat yang rasanya manis pedes tapi ada asamnya juga! Bahan yang diperlukan yaitu bawang merah putih, cabe rawit, cabe merah, terong dan juga tomat. Bahan di uleg halus, kemudian ditumis dengan sedikit minyak. Jika sudah harum beri air, kemudian masukkan terong. Sebelumnya, terong digoreng setengah matang dulu, ya. Jangan lupa tambahkan bumbu dapur, seperti garam, gula dan lada jika perlu. Jadi deh, terong sambal balado tomatnya. 

Selamat mencoba resep masakan terong yang cukup singkat ini. Semoga menginspirasi masak diakhir bulan maupun saat belum gajian dan juga ketika ingin berhemat.
(Red/Penulis: Maylisa Nursolekhah dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakart )