Cara Pengendalian Agar Terhindar dari Dampak Negatif Game Online

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Di Era sekarang ini perkembangan Teknologi sangatlah pesat.Kita dapat dengan mudah mendapatkan informasi dengan adanya teknologi tersebut.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang serba mudah ini kita dapat berkomunikasi dengan berbagai alat atau sarana,salah satunya yang sekaligus bertujuan untuk refreshing,seperti bermain game online.

Game online sangat berkembang pesat pada akhir-akhir ini, karena game online menyuguhkan berbagai hal yang menarik seperti tampilan,gaya bermain,grafis permainan,game online tidak hanya digandrungi oleh anak kecil tetapi banyak juga remaja remaja yang rela menghabiskan waktunya hanya sekedar bermain game online.

Dengan sering memainkan suatu game online akan menyebabkan kita  menjadi ketagihan.Ketagihannya memainkan game online akan berdampak buruk,terutama dari segi akademik karena masih dalam usia sekolah.­  

Walaupun sebagian orang menganggap bahwa game online berguna untuk refreshing atau menghilangkan rasa jenuh si pemain baik itu dari kegiatan sehari-hari, maupun sekadar mengisi waktu luang. 

Dari hasil Penelitian yang dilakukan di  “Smart Net” yang terletak di Jalan Raya Rogojampi pada bulan Mei 2017, peneliti mendapatkan hasil bahwa seorang gamers setidaknya membutuhkan waktu rata-rata 5-6 jam sehari hanya untuk sekedar bermain game.

Bisa dibayangkan bila waktu tersebut digunakan untuk kegiatan positif lainnya yang bermanfaat. Kesenangan bermain game yang menyenangkan membuat remaja lupa waktu belajar. 

Cara pengendalian agar terhindar dari dampak negatif game online berangkat dari diri kita sendiri agar kita tidak memiliki sifat candu dalam memainkan Game online caranya yaitu antara lain,Mencari aktivitas lain selain nge-game,Membatasi Waktu Bermain Game Online,Jangan Bergaul dengan Pemain Game.Dengan seperti itu kita dapat mengatasi dampak negatif yang disebabkan oleh bermain game online.

(Red/ Agus Prasetya Abadi ,Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )