Dampak Kecanduan Handphone

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Seiring perkembangan zaman teknologi semakin berkembang pesat. Banyak produk-produk canggih yang dikeluarkan,salah satu produk teknologi yang paling populer bahkan untuk beberapa orang teknologi ini dianggap sebagai dewa atau dianggap sebagai sesuatu yang berharga.

Apa lagi jika bukan “Handhphone” benda ini sangat diagungkan bagaimana tidak seiring perkembangan teknologi benda yang satu ini juga semakain berkembang dan canggih.

Jika dahulu handphone hanya bisa digunakan untuk menelepon atau mengirim pesan via SMS maka lain lagi dengan handphone masa kini. Banyak trobosan baru yang membuat benda ini menjadi luar biasa canggih.

Handphone masa kini sudah dilengkapi sitem Android yang menambah nilai tinggi dari handphone tersebut. Selain itu perkembangan akun-akun media sosial juga menambah tingkat perkembangan dari teknologi tadi.

Handphone zaman sekarang sudah dipenuhi dengan aplikasi-aplikasi, baik aplikasi media sosial, aplikasi bisnis, aplikasi game dan masih banyak lagi.

Banyak orang yang semakin hari semakin hilang kendali dalam menggunakan handphone.

Hal ini menyebabkan gangguan psikologi terhadap seseorang yang kecanduan menggunakan handphone, pecandu pengguna handphone datang dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

 Ada beberapa aplikasi yang pada saat ini menjadi pusat candu bagi para pengguna handhphone tadi,contohnya aplikasi game online,aplikasi ini tidak hanya diminati kalangan anak-anak melainkan kalangan dewasa juga sangat menyukai game online.

Bagaimana tidak membuat ketagihan, dengan inovasi yang luar biasa membuat aplikasi game online menjadi sangat disukai orang-orang.

Namun perlu diwaspadia bahwa kecanduan game online pada handphone dapat menyebabkan gangguan psikologi serta radiasi.

Otak akan mengalami tekanan sehingga saraf-saraf menjadi tegang sehingga pecandu game online akan mengalami gangguan kejiwaan. Sudah banyak korban dari kecanduan game online tersebut.

Selain aplikasi game online, pada akhir tahun 2018 salah satu aplikasi baru muncul yaitu aplikasi “Tiktok”. Aplikasi ini menjadi aplikasi yang sangat diminati remaja putri bagaimana tidak aplikasi ini menyuguhkan sesuatu yang sangat menarik.

Namun, disi lain aplikasi ini memiliki dampak buruk, bagaimana tidak aplikasi ini dapat merusak akal sehat seseorang jika terlalu berlebihan. Serta menurunkan nilai moral banyak kaum remaja putri yang menyalah gunakan aplikasi Tiktok. 

Kecanduan dalam menggunakan media sosial juga banyak ditemukan. Terkadang orang mengabaikan hal-hal yang sangat penting hanya demi sebuah handphone.

Dengan handphone mereka sudah biasa menjejaki tiap jengkal bumi. Dengan fasilitas media sosial di handphone banyak orang yang merasa terbantu dengan adanya media sosial mereka tak perlu lagi keluar rumah sembari bersosialisasi hanya dengan media sosial mereka sudah mampu berkenalan dengan banyak orang yang berada diseluruh penjuruh dunia.

Namun ada juga faktor negatif yang diakibatkan oleh penggunaan media sosial yang berlebihan. Media sosial mematikan rasa sosialisasi kita serta banyak juga kejahatan yang berasal dari media sosail.

Banyak juga kasus bully di media sosial yang pada akhinya merenggut nayawa seseorang. Maka perlu ditanamkan dalam diri setiap orang bahwa jangan terlalu terlena akan kecanggihan teknologi yang ada saat ini, bisa jadi teknologi yang menghancurkan kita secara perlahan.

(Red/penulis: Eni Noviandari, Kampus: Untuk Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)