DAMPAK MEDIA SOSIAL BAGI ANAK – ANAK

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Media sosial merupakan sarana dizaman era sekarang atau modern yang dalam penggunaannya bisa diakses menggunakan internet.Dengan adanya media sosial kita dapat memperoleh informasi melalui media online.

Dan dalam penyampaian informasi tersebut sangatlah cepat atau update. Terdapat banyak sekali macam media sosial seperti google, youtube, Instagram, facebook, twitter, dan lain sebagainya.

Media sosial dapat digunakan disemua kalangan umum, tak terkecuali anak-anak. Media sosial banyak menyajikan informasi yang positif maupun ada yang negative. Hal itu tergantung pada diri mereka sendiri.

Maka agar anak bisa lebih memahami mana yang baik dan mana yang buruk maka sebagai orang tua  harus memberikan pemahaman tentang mana yang boleh diakses dan mana yang tidak boleh diakses. Karena hal itu dapat membawa dalam diri anak untuk kedepannya.

Media sosial tidak selalu memberikan kerugian bagi anak. Jika digunakan secara bijak dan peran orangtua selalu mengontrol apa yang anak gunakan dalam media sosial. Orangtua juga selalu memberikan perhatian yang lebih dalam mengawasi anak di media sosial.

Orangtua juga harus membatasi anak menggunakan smartphone, karena dampak smartphone yang memberikan radiasi terhadap diri anak.

Sebaiknya orangtua memberikan smartphone saat sedang santai, bukan saat belajar. Sebaiknya diwaktu belajar anak disarankan tidak menggunakan smartphone.

Walaupun media sosial adalah sarana informasi yang modern dan lebih update, sebaiknya jangan menutup diri dari pergaulan di masyarakat. Karena tata bahasa dan tutur kata di media sosial tidak baku atau seenaknya saja.

Banyak sekali kejadian pembullyan menggunakan media sosial dan kasus itu sangatlah banyak. Hal itu membuat semakin tidak terkontrolnya tutur kata oleh kelakuan nakalnya anak.

Maka sebagai orangtua sebaiknya jangan membiarkan anaknya memainkan media sosial selagi masih dibawah umur. Karena labilnya anak diusia itu membuat anak mudah terpengaruh dan karakter anak bisa berubah kapan saja.

Peran orangtua mencegah anaknya untuk tidak berlebihan dalam bermain media sosial. Karena dalam sosial media banyak sekali terjadi kasus-kasus yang mengakibatkan bunuh diri karena pengaruh dari sosial media yang tidak terkontrol.

Dampak positif dari media sosial bagi anak juga sangatlah banyak, salah satunya terdapat edukasi yang memberikan pengetahuan tentang banyak hal. Dapat kita temukan di internet dengan mencari di situs-situs yang menyajikan materi-materi pelajaran.

Sehingga membuat mudah anak untuk dapat belajar dengan adanya media sosial. Dizaman era modern sekarang guru juga harus bisa dalam menggunakan media sosial untuk menunjang dalam belajar mengajar.

Red/ Restu Nurkarim Universitas Darjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )