EDUKASI BAGI ANAK DI ERA DIGITAL 

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pendidikan adalah suatu pembelajaran pengetahuan, keterampilan yang didapat dari lahir sampai akhir hayat. Dan merupakan sebuah proses atau tahapan dalam perubahan sikap serta etika dan dalam meningkatkan pola pikir manusia melalui pengajaran dan pelatihan yang mendidik.

Satu hal yang tidak bisakita pungkiri Pendidikan sangat mengikuti perkembangan zaman. Di zaman sekarang apapun menggunakan teknologi.

Namun dari semua hal itu yang membuat hati merasa miris yaitu anak – anak lebih menguasai dari orang dewasa tentang penggunaan alat digital.

Anak-anak generasi milenial sekarang merupakan generasi digital notive yaitu mereka yang sudah mengenal media elektronik dan digital sejak lahir. 0leh karena itu orang tua harus menjadi pelindungan anak-anak dari ancaman era digital .

  • Anak-anak akan berlomba membuat akun media social seperti Instagram , facebook , twitter , youtube dan sebagainya.
  • Pada era ini anak-anak lebih cenderung ingin memperoleh kebebasan , mereka tidak suka diatur ataupun dikengkang , dan hanya ingin mengukuti ego dirinya sendiri.
  • Tetapi dalam proses belajar mereka lebih gampang karena mereka akan dengan mudah mengakses google untuk mencari bahan pelajaran .

Era digital menjadi sebuah tantangan sekaligus harapan dalam dunia pendidika . kondisi  tersebut memaksa untuk hidup di era digital yang penuh dengan persaiangan , individualitas , materialistis dan memunculkan banyaknya permainan-permainan modern yang dapat mengikis permainan yang biasa anak lakukan sehari – hari dirumah. 

“kecerdasan di era digital tidak bisa sekedar di nasehatkan , tetapi perlu terus di praktikan sejak anak-anak di usia dini . jangan sampai pendidikan yang kita lakukan justru mematikan hal-hal yang ingin kita tumbuhkan atau hanya sekedar memenuhi persyaratan’’..

(Red/Putri Faradila Apriliyanti,Nim.: 2018015170,Status: Mahasiswa PGSD di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. )