FASILITAS SEKOLAH YANG KURANG MEMADAI

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Fasilitas sekolah berpengaruh penting untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah.Banyaknya fasilitas di sekolah yang kurang memadai akan menghambat proses belajar mengajar di sekolah.

Banyak siswa yang tidak nyaman dikarenakan fasilitas yang kurang memadai semisal bangku yang rusak,atap sekolah bocor hal ini akan menghambat proses belajar mengajar.Bagaimana tidak? Tidak akan ada siswa yang mau belajar dalam keadaan basah kuyup.

Begitupun juga mengenai kurangnya tenaga pengajar yang kurang profesional ketika sarana dan prasarana sekolah tidak memadai yang juga akan mengakibatkan minimnya ppndidikan.

Akan tetapi dalam manajemen sarana dan prasarana pendidikan terdapat kekurangan dalam memanjemen keuangan yang seharusnya digunakan untuk  pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana.

Didaerah terpencil bukan hanya sarana dan prasarana pendidikan yang kurang memadai namun SDM nya sendiri juga kurang sehingga memicu permasalahan timbul mengenai sarana dan prasarana yang kurang memadai.Maka dari itu pemerintah perlu melakukan bantuan ke berbagai daerah terpencil agar pendidikan disana dapat berkembang dengan baik.

Apabila sekolah-sekolah minim dana yang digunakan untuk membeli fasilitas atau  melengkapi fasilitas yang belum tersedia alangkah baiknya diadakan penggalangan dana.

Kaena bagaimanapun pembelajaan yang nyaman juga akan membuat siswa nyaman sehingg pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Bukankah biaya sekolah mahal? Namun mengapa fasilitas yang disediakan sekolah tidak sebanding dengan biaya sekolah yang telah dibayarkan?

Generasi maju perlu adanya fasilitas yang digunakan untuk memajukan perkembangan siswa semisal untuk era modern seperti sekarang ini teknologi sangat berperan penting dalam kegiatan belajar mengajar namun banyak sekali sekolah yang belum mengajarkan pembelajaran TIK dikarenakan fasilitas komputer belum terdapat di sekolah.

Padahal pembelajaran sekarang tidak dapat jauh jauh dari teknologi karena sumber-sumber info banyak sekali terdapat pada internet.

Jika banyak siswa yang tidak diajarkan mengenai TIK atau teknologi maka bagaimana akan tercipta generasi penerus yang baik. 

Minimnya fasilitas komputer disekolah juga menjadi penghambat. Banyak sekali sekolah yang sudah menggunakan proyektor sebagai alat bantu pembelajaran namun banyak juga sekolah yang beum menggunakan dengan alasan tidak ada dana untuk membeli peralatan tersebut.

Hal ini harus menjadikan pemerinth lebih aktif melakukan penyuluhan-penyuluhan ke berbagai sekolah dengan tujuan mengecek sekolah-sekolah mana yang masih minim fasilitasnya untuk digunakan dalam pembelajaran sehingga pemerintah siap bergerak untuk memberikan dana kepada sekolah yang minim fasilitasnya.

Dana yang diberikan ke sekolah-sekolah tersebut hendaknya benar-benar digunakan untuk perbaikan fasilitas yang rusak dan digunakan untuk membeli fasilitas yang baru agar terciptanya pembelajaran di dalam kelas yang nyaman dan aman.

Dengan pembelajaran yang nyaman dan aman akan membuat siswa lebih semangat belajar sehingga dapat mewujudkan generasi yang baik untuk masa yang akan datang.

Namun,tak jarang juga rusaknya fasilitas di sekolah dikarenakan ulah siswa yang tidak bisa menjaga fasilitas sekolah dengan baik.

Banyak siswa yang sengaja maupun tanpa sengaja merusak fasilitas sekolah misal dengan dia mencoret-coret meja dengan menggunakan tipe-x itu sudah salah satu contoh hal yang dilakukan siswa untuk merusak fasilitas sekolah.

Banyak juga siswa yang menggunakan meja selayaknya drum yang dipukul-pukul sehingga mengakibatkan meja tersebut rapuh bahkan hingga patah.

Mungkin sebaiknya setelah Pemerintah memberikan bantuan dana untuk membeli fasilitas sekolah yang baru hendaknya pihak sekolah benar-benar ikut menjaga fasilitas tersebut dengan baik dikarenakan juga harga fasltas sekolah seperti meja dan kursi bisa terbilang mahal.

Semisal masih ada sisa dana lebih baik digunakan untuk menambah fasilitas yang belum tersedia ada belum ada misal komputer, lcd atau diberikan fasilitas wifi disekolah untuk digunakan siswa misal mengerjakan tugas disekolah dan lain sebagainya. 

Sekolah hendaknya benar-benar menggunakan dana aau subsidi dari Pemerintah dengan sebaik-baiknya karena fasilitas yang memadai sangat dibutuhkan oleh siswa untuk menuju ke era yang lebih baik. 

Dikarenakan kurangnya alokasi dana yang terhambat yaitu dalam hal penyalahgunaan dana administrasi sekolah dan adanya oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dalam hal perdanaan sehingga adanya penyalahgunaan dana dan menghambat proses pendidikan.

Dalam hal ini pemerintah kurang tegas dalam menangani oknum-oknum yang melakukan penyelewengan dana. Dalam masalah ini seharusnya pendidikan yang ada di Indonesia harus berjalan efektif.

Dalam peningkatan pembelajaran seperti halnya pegajaran yang baik sehingga mutu peserta didik lebih berkualitas.

Pemerintah benar-benar harus tegas dalam menyikapi masalah ini karena sekolah-sekolah perlu adanya peningkatan fasiitas yang ada di sekolah sehingga peserta didik dapat belajar dengan nyaman atas adanya fasilitas yang memadai tersebut.

(Red/Oleh :Sheilla Candra Oktavia,dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa )

Referensi :

https://www.kompasiana.com/shoviahafsah/kurangnya-sarana-dan-prasarana-problematika-dalam-pendidikan.