Game Online

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Ketika kita mendengar kata Game Online sudah tidak asing lagi bagi kita. Game sangat di gemari oleh masyarakat dari kalangan anak – anak hingga dewasa. Dengan adanya Game ini memudahkan siapa saja untuk mencari hiburan dengan handphone.

Karena masyarakat tidak perlu keluar rumah atau pergi ke suatu tempat untuk mencari hiburan, dengan game online ini masyarakat hanya tinggal mendownload saja di handphone.Salah satu game yang sangat di gemari oleh masyarakat dari kalangan anak – anak hingga dewasa adalah Mobile Legends.

Mobile legends ini merupakan game online yang sangat di gemari oleh semua kalangan masyarakat, game ini dapat berdampak buruk dan terdapat juga berdampak baik tergantung dari penggunaanya. Berikut dampak negatif dari game :

  1. Membuat seseorang menjadi malas 

Biasanya dalam hal ini seseorang yang memainkan game tersebut sudah merasa senang dengan apa yang dia mainkan sehingga membuat pemain itu sendiri menjadi malas melakukan aktivitas sehari hari. karna lebih memilih untuk bermain game saja dari pada melakukan aktivitas sehari – hari.

  1. Berpengaruh terhadap kesehatan 

Dalam hal ini biasanya karna keseringan bermain game sehingga membuat orang tersebut juga lupa akan kesehatanya, bisa karna terlalu sering menatap layar gadget sehingga membuat mata menjadi rusak, kemudian menjadi sering bergadang untuk bermain game tersebut.

  1. Kecanduan 

Dalam hal ini jika seseorang tidak bisa membatasi dari game tersebut maka dapat mengakibatkan kecanduan terhadap orang tersebut karna biasanya memang game juga bisa membuat kita menjadi ketagihan untuk memainkan game tersebut.

Dari beberapa dampak buruk diatas terdapat solusi yang bisa di lakukan terhadap game. Berikut beberapa solusi yang dapat di lakukan :

  1. Membatasi waktu untuk bermain game

Dalam hal ini kita harus bisa membagi waktu untuk bermain game dan untuk melakukan aktivitas lainnya. Karna masih banyak lagi kegiatan yang bisa kita lakukan dan jauh lebih bermanfaat dari game tersebut.

  1. Mengikuti perlombaan / Tournamen 

Salah satu kegiatan dari game yang sedikit bermanfaat yaitu mengikuti perlombaan / tournamen. Kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat karna selain mendapatkan kesenangan atau hiburan untuk diri sendiri namun juga bisa menambah prestasi juga karna dalam perlombaan ini tentunya juga di butuhkan stratergi untuk bisa memenangkan perlombaan / tournamen.

Dari beberapa dampak buruk yang ada di dalam game tersebut juga terdapat pula solusi yang dapat dilakukan seseorang untuk lebih bijak lagi dalam penggunaan game.

Karena jika game bisa di gunakan dengan semestinya tidak hanya akan berdampak buruk saja tetapi juga bisa bermanfaat ataupun berprestasi bagi pengguna game tersebut.

(Red/ Sani Alifah, Nim : 2018015311, Kelas : 3H, Prodi : PGSD, Status : Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, )