GAYA BELAJAR ANAK SD DI ERA MILENIAL

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Kita tentu tidak asing atau bahkan sering mendengar tentang generasi milenial. Baik disadari ataupun tidak disadari, sekarang ini sekolah sedang dibanjiri oleh murid yang berasal dari generasi milenial.

Baik itu murid SD, SMP, maupun SMA. Generasi milenial yaitu generasi yang lahir pada tahun 2000-an keatas. Di bangku sekolah dasar pun kini sudah sangat dapatkita rasakan dampaknya.

Berbeda dengan generasi sebelumnya yang masih menggunakan buku sebagai sumber mencari pengetahuan dan informasi yang di cari, generasi milenial sudah memiliki kemampuan yang lebih baik di bidang teknologi.

Mereka yang termasuk dalam generasi ini lahir di era serba canggih. Di manan di era ini sudah banyak diwarnai dengan kehadiran internet dan berbagai gadget untuk memudahkan segala aktivitas.

Karakteristik anak milenial pun juga unik diantaranya, cenderung berjuang demi idealisme, menjunjung tinggi privasi,kemampuan multi-tasking yang hebat, ketergantungan terhadap teknologi, pola pikir yang sangat luas dan penuh kewaspadaan, dan lain sebagainya. 

Selain karakteristiknya, gaya belajar anak di jenjang sekolah dasar juga  cenderung berubah mengikuti perubahan zaman. Diantaranya yaitu:

  1. Anak-anak lebih cenderung menyukai metode belajar learning by doing. Artinya yaitu mereka lebih suka bereksperimen atau melakukan praktik daripada duduk di kelas.
  2. Bisa mengejakan hal dalam satu waktu. Artinya generasi milenial termasuk generasi yang bisa mengerjakan berbagai macam tugas dalam satu waktu.
  3. Membutuhkan tujuan yang jelas di awal pelajaran dan feedback yang cepat. Artinya bahwa, sebelum belajar, generasi milenial harus mengetahui apa saja topik yang akan ia pelajari dan hasil seperti apa yang diharapkan dari aktifitas belajar tersebut. Selain itu, guru-guru yang mengajar juga harus sigap dalam memberikan feedback untuk siswanya. Dari kedua hal ini, mereka membutuhkan pengawasan yang cukup intensif dari fasilitaor belajarnya. 
  4. Generasi milenial lebih suka manfaatkan teknologi dalam kegiatan belajar. Tentu saja teknologi merupakan suatu hal yang amat akrab dengan kehidupan seorang milennial. Oleh sebab itu, mereka juga sebisa mungkin akan menggunakan teknologi saat belajar. Contoh paling sederhana adalah dengan melakukan browsing internet saat belajar atau mengerjakan tugas.

Jadi, itulah gaya belajar anak milenial saat ini. Mereka lebih cenderung terfokus pada teknologi dan lebih individualisme. Namun hal yang paling penting adalah, seperti apapun gaya belajar atau cara belajar yang dilakukan, kita tidak boleh berhenti dalam menuntut ilmu. (Red/ Lokahita Harinda )
Asal sekolah : Universitas Sarjanawiyata    
                          Tamansiswa 
Prodi              : PGSD
Semester       : 3