Hari Guru 2019

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Hari guru pada Senin 25 November 2019 sedikit berdeda dengan adanya Menteri baru yang bernama Nadiem Makarim yang sering disapa dengan Mas Nadiem. Pada saat Hari Guru kemarin Mas Menteri pun membuat pidato yang sangat menyentuh tentang guru dan pendidikan di Indonesia.

Pada saat Memperingati Hari Guru Nasional ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengkritik keras sistem pendidikan yang dianggap masih mengekang Guru.Mas Nadiem menyebut Guru selama ini hanya diberikan aturan-aturan, tapi tak pernah diberi pertolongan. Guru pun sering dibebani tugas-tugas administratif yang dinilai tak punya manfaat jelas. 

Selain itu, Guru-Guru juga dipaksa mengejar angka-angka nilai, padahal potensi anak tak bisa diukur dari itu.Demikian pula dengan cara mengajar yang berorientasi pada hafalan dan materi yang sangat rumit yang ada di Kurikulum 2013

Kata Mas Menteri, yang diperlukan di dunia nyata adalah kemampuan berkarya dan berkolaborasi. Dalam pidatonya, Nadiem juga mengkritik kurikulum yang terlalu padat. Hal ini mengakibatkan minimnya eksplorasi dan inovasi guru dalam proses mengajar.

(Red/Penulis: Arya Dwiki Kusuma dengan Nim 2018015103 dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP), Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)