Hidup Hemat Ala Anak Kos

Bogor Now

,KORANBOGOR.comYOGYAKARA-Siapa bilang menjadi anak kost identik dengan kerumitan dan pemborosan? Menjadi anak kost tidak selalu mengalami kesulitan terutama dalam masalah keuangan.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk bisa mengatur keuangan dengan tepat supaya kita bisa mencukupi kebutuhan kita selama satu bulan.

Pertama, catat kebutuhan bulanan dengan rinci menurut skala prioritas. Hitung semua kebutuhan bulanan kita agar kita dapat menyesuaikan pengeluaran dengan kebutuhan supaya kebutuhan kita dapat terpenuhi dengan baik tanpa ada yang terlewatkan.

Kedua, lakukan belanja secara sekaligus. Hal itu dikarenakan supaya kita tidak bolak-balik ke mini market dan malah tergoda dengan barang-barang lain yang tidak kita butuhkan.

Ketiga, mulailah menabung sedikit demi sedikit. Sisihkan uang bulanan kita sekitar 5% -10% untuk kita tabung. Uang tabungan ini sewaktu-waktu dapat kita gunakan untuk berjaga-jaga jika dalam keadaan darurat.

Keempat, memasak makanan sendiri. Jangan dibiasakan kita jajan makanan diluar, sehingga uang bulanan kita menjadi boros. Masak makanan sendiri sesuai dengan selera kita makanan akan menyehatkan. Sehingga akan lebih mengurangi pengeluaran dibandingkan dengan jajan makananan diluar.

Kelima, cuci pakaian kita sendiri. Dengan mencuci pakaian sendiri dapat mengurangi pengeluaran uang bulanan kita. Jangan dibiasakan untuk mencuci pakaian dengan menggunakan jasa laundry pakaian walaupun dengan harga murah. Karena hal tersebutlah yang akan menjadikan pengeluaran kita menjadi banyak.

Demikianlah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menekan pengeluaran sebagaia anak kost. Bila kita dapat mempraktekkan hal-hal diatas, maka kita tidak akan mengalami kesulitan dalam hal keuangan untuk memenuhi kebutuhan kita.

(Red./ Nurrohman mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )