LEZATNYA NORI DARI DAUN KELOR 

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Daun kelor merupakan tumbuhan yang mudah ditemukan di daerah dataran rendah. Daun kelor juga memiliki banyak manfaat dan khasiat.

Manfaat kelor tidak hanya terdapat di daunnya saja tetapi juga di batang, akar maupun biji.

Selain itu daun kelor juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Namun banyak tumbuhan kelor yang tidak di manfaatkan oleh masyarakat dengan maksimal, selain itu juga banyak masyarakat yang kurang menyukai daun kelor karena aromanya yang cukup menyengat.

Oleh karena itu kami mahasiswa KKN Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa tahun 2019/2020 periode 2 paepokan 80 di desa Kerten membuat nori daun kelor unuk menambah variasi penggolahan daun kelor.

Nori merupakan lembaran rumput laut yang biasanya di gunakan untuk membungkus susi. Namun mahasiswa KKN UST membuat sedikit berbeda dari nori pada umumnya, yaitu bentuknya lebih tebal menyerupai keripik.

Sosialisasi tersebut telah dilaksanakan pada 7 Febuari 2020 dbertepatan di rumah ibu Turmini RW 07 RT 15 Dusun Kalijuweh. Sosialisasi ini di ikuti oleh ibu- ibu desa Kalijuweh.

Bahan yang diperlukan dalam pembuatan nori daun kelor ini terbilang mudah didapat yaitu: Daun kelor, tepung terigu, bawang putih, kemiri, merica, garam dan cabai untuk menambah rasa pedas.

Untuk proses pembuatanya terbilang susah -susah gampang dan yang di utamakan adalah ketelatenan karena proses pembuatannya terbilang cukup lama.

Sebelumnya pilih daun kelor dengan baik yaitu dengan menggunakan daun kelor yang belum tua, dengan di cuci terlebih dahulu, untuk mengurangi debu atau bakteri yang ada pada daun kelor, dalam pencucian daun kelor pun tidak harus diremas-remas, cukup dengan di bilas hingga daun terlihat segar dan bersih, untuk pengolahan selanjutnya daun kelor direbus dalam air yang sudah mendidih dan hanya dalam waktu yang singkat cukup 3-4 menit, karena jika terlalu lama kandungan dalam daun kelor akan meluruh atau cepat hilang karena panas air dan uap didihan air, pengolahan berikutnya angkat daun kelor, tiriskan daun kelor dan diamkan hingga agak dingin.

Daun kelor yang telah direbus kemudian di iris tipis-tipis dan di campurkan dengan sedikit tepung terigu, telur ayam, gula, garam, bumbu dasar (bawang putih, kemiri, dan cabai).

Adonan nori kemudian di Adonan nori kemudian dikukus dalam cetakan selama kurang lebih 45 menit hingga 1 jam, agar adonan nori dapat mengeras atau padat.

Nori yang telah di rebus kemudian dimasukkan ke dalam kulkas selama kurang lebih 4 jam hingga 5 jam, agar adonan nori dapat mengeras dan mudah jika di potong.

Pengolahan bahan nori yang telah dimasukkan dalam kulkas kemudian di potong tipis seperti keripik ketela pada umumnya kemudian di goreng dengan minyak yang cukup banyak namun dengan frekuansi api sedang, karena jika dengan api yang besar, kelor sendiri sifatnya tidak mudah untuk menyerap minyak, sehingga dengan api sedang maka minyak yang ada dalamnori pun tidak terlalu banyak dan aman dikonsumsi untuk konsumen yang mempunyai penyakit kolesterol.

Dengan inovasi nori daun kelor tersebut maka daun kelor tidak hanya dapat di konsumsi untuk di jadikan sayur saja tetapi juga dapat sebagai camiilan yang tidak kalah lezat.

Penulis :

Endang Latifa Rahma dan Na’imatun Sholikhah (Mahasiswa KKN UST PADEPOKAN 80)