LUNTURNYA NORMA KESOPANAN ANAK ZAMAN SEKARANG

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Kesopanan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi setiap individu. Semua orang harus mempunyai rasa sopan jika inggin hidupnya dihargai oleh orang lain. Kita hidup di dunia ini tidak pernah terlepas dengan orang lain, bahkan kita tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain.

Sebagai makhluk sosoial kita tentu saling berinteraksi dengan sesama. Namun kita juga mempunyai aturan aturan dalam berbicara dan bertingkahlaku di kehidupan sehari hari, agar kita tidak dibenci atau dimaki karena tingkahlaku maupun perkataan kita yang kurang sopan atau kurang tepat.

Pada generasi zaman sekarang ini sudah banyak kejadian yang menyinggung tentang kesopanan anak. Generasi sekarang mulai tidak peduli lagi dengan norma kesopanan dalam berbuat dan berkata. Banyak anak anak yang berkata jorok, kotor, kasar bahkan berkata yang selayaknya belum dia ketahui perkataan itu.

Mereka tidak mengenal lingkungan sekitar ,bahkan di keramaian mereka tidak canggung dalam berkata kotor. Tidak jarang kita juga menjumpai di sekolah anak anak berkata tidak sopan dengan gurunya, berbicara dengan guru selayaknya harus sopan dan tidak teriak teriak.

Telah terjadi pula beberapa kasus murid yang memukul gurunya, berkelahi dengan gurunya bahkan mengancam gurunya.

Berbeda dengan anak anak zaman dahulu yang sangat menjunjung tinggi norma kesopanan itu. Apa yang salah dengan zaman sekarang ini sehingga membuat lunturnya rasa sopan anak dengan orang yang lebih tua atau orang lain yang seharusnya dia hormati.

Dengan kurangnya rasa sopan tersebut dapat menimbulkan berbagai dampak buruk seperti, bentrokan antar warga akibat salah satu orang, tawuran antar pelajar akibat dari saling mengejek, dan masih banyak lagi. Bahkan hingga ada penyebabnya hingga meninngal dunia akibat seorang yang tidak terima dengan perkataan seseorang tersebut.

Oleh karena itu marilah kita bersama sama memperbaiki kebiasaan kebiasaan anak yang kurang baik, agar mereka kembali menjunjung rasa sopan dengan tinggi. Kita bisa mulai menerapkan dari lingkungan yang paling sederhana yakni lingkungan keluarga.

Peran orang tua sangat diperlukan dalam hal ini karena orang tua merupakan orang yang paling sering bersama dengan anak anaknya.Dengan begitu anak akan mengerti dan faham jika dicontohkan oleh orang tuanya .

Tidak hanya orang tua peran guru dalam mendidik juga membantu membentuk karakter anak ,sehingga dapat terbentuklah sikap dan norma anak anak yang baik dan sopan.

(Red/Penulis: Miftahul Fauzi dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa )