Malam Hari Belakangan Ini Terasa Lebih Dingin, Ada Apa Gerangan ??

Bogor Now

KORANBOGOR.com, JAKARTA, – Sejumlah warga mengatakan, jika malam hari terasa dingin sekali, utamanya bagi mereka yang berdiam di Wilayah Pulau Jawa.

Perihal udara dingin yang agak ekstrim di malam hari untuk ukuran Indonesia, memang sudah menjadi hal wajar kalau memasuki puncak musim kemarau.

Menurut Adi Ripaldi dari BMKG Pusat, hal yang wajar dan sudah menjadi karakter umum musim kemarau jika malam hingga dini hari udara Wilayah DKI Jakarta terasa lebih dingin.

Adi menjelaskan suhu minimum di Wilayah DKI Jakarta tercatat 22 derajat Celsius, sedangkan suhu maksimum 32 derajat Celsius. Rata-rata suhu harian DKI Jakarta adalah 28-30 derajat Celsius

Dijelaskan jika Jakarta terasa lebih dingin saat malam hingga pagi ketika musim kemarau, karena minimnya awan, sehingga terasa lebih panas di siang hari namun dingin di malam hari.

Lantaran, pada waktu malam, pelepasan panas bumi ke atmosfer tidak lagi terjebak oleh awan yang menutupi langit.

Sementara menurut Yan Firdaus dari BMKG Bandung mengatakan, saat musim kemarau ini memang otomatis tutupan awan juga berkurang sehingga energi laten panas yang di permukaan bumi banyak terbuang ke angkasa sehingga di pagi hari terasa lebih dingin.

Lanjut Yan, suhu dingin ini berpotensi terjadi setiap pagi selama musim kemarau. Dengan demikian suhu dingin ini akan sering terasa setiap pagi hari selama kemarau.

Masih menurut Yan, kendati di pagi hari cenderung dingin, suhu di siang hari cenderung menghangat. Bahkan, suhu di siang hari bisa diprediksi mencapai 29.5 derajat celcius.***

Sumber : Poskota