Manfaat Olahraga Tinju

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Apa yang anda pikirkan tentang olahraga tinju? Chist John yang bertubuh kekar atau Daud Yordan yang lincah nan gesit? Nama tersebut pasti sudah familiar di telinga anda,mengingat keduanya merupakan petinju yang sudah sering mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

Meskipun tinju sudah kental dengan aura maskulin namun pada zaman milenial ini sudah banyak kaum hawa yang mulai menggandrungi olahraga ini. Disamping hanya sekedar untuk olahraga,ternyata olahraga tinju juga memiliki manfaat yang sangat banyak.

Salah satunya siapa yang tidak ingin memiliki lengan yang kencang. Banyak kaum hawa atau wanita yang bermasalah pada lengan mereka yang kendur karena memang wanita lebih banyak menyimpan lemak dibagian ini.

Olahraga tinju sendiri termasuk olahraga yang banyak menguras energi dan toxin tentunya. Karna hampir semua anggota badan digunakan dalam bertinju.

Kelincahan di kaki dan pinggul,lengan,kepala,pundak,perut,dll. Tidak heran olahraga ini sangat efisien dalam menurunkan berat badan. Untuk lebih jelasnya,berikut manfaat dari olahraga bertinju selain untuk olaharaga bela diri

  1. Mengencangkan lengan serta menguatkan otot pundak

Wanita umumnya memiliki lengan yang besar sehingga kurang percaya diri saat menggunakan dress. Dan dengan latian minimal 1 jam saja dapat  membakar sekitar 200-300 kalori. 

2-Melatih otot tubuh bagian inti dan meratakan perut

Otot inti adalah serangkaian otot yang membentang dari mulai otot dada bagian bawah,perut,punggung,hingga di sekitar panggul.Otot inti berperan menstabilkan dan melindungi tulang belakang,dan saling bekerja sama dalam hampir setiap gerakan tubuh manusia.Semua gerakan tinju yang berpadu,baik ketika menyerang atau bertahan dapat benar-benar memperkuat otot inti Anda. Sehingga mendapatkan perut rata.

3-Melatih keseimbangan dan kekuatan tubuh wanita

Gerakan tinju yang serba cepat dan spontan membuat Anda harus selalu sigap menyeimbangkan tubuh untuk bertahan dan atau bangkit dari kerasnya pukulan lawan. Keseimbangan yang baik juga digunakan ketika akan melawan balik supaya tidak oleng terjatuh saat mengayunkan pukulan.

Olahraga tinju yang melatih kekuatan otot inti dapat membantu membentuk postur tubuh yang baik. Dengan begitu,Anda dapat bereaksi lebih cepat dan tetap seimbang pada permukaan tidak stabil atau ketika merespon gerakan yang tiba-tiba.

4-Bakar kalori lebih banyak

Dari semua cabang olahraga,tinju merupakan salah satu jenis olahraga yang membutuhkan sekaligus paling banyak tenaga. Jika dilakukan secara teratur,manfaat tinju sebagai cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Selain itu juga dapat meningkatkan kebugaran jantung dan paru-paru. Dengan melalukannya secara rutin,detak jantung akan semakin teratur dan paru-paru akan lebih efektif dalam mengambil nafas.

5-Meredakan stress dan meningkatkan kecerdasan berfikir

Manfaat tinju untuk wanita ternyata tidak hanya berhenti sampai kebugaran fisik saja. Memukul samsak atau sparing tenyata mampu membantu mengendalikan emosi dengan cara yang lebih sehat. Dengan bertinju,

Anda dapat meluapkan emosi atau amarah yang terpendam di dalam hati. Emosi atau beban pikiran menumpuk dapat membuahkan banyak masalah kesehatan di kemudian hari.

Selain itu, bertinju juga dapat memperlancar aliran darah seluruh tubuh sehingga membantu Anda dalam lebih mudah untuk berfikir.

(Red/ Penulis: Listyaningrum Mahasiswi asal Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )