“ MEMBENTUK KARAKTER ANAK SEKOLAH DASAR MELALUI KEGIATAN PRAMUKA”

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Dewasa ini kita menghadapi era gelobalisasi dimana teknologi dan ilmu pengetahuan harus berjalan.

Namun pada era ini karakter anak usia dini mulai memudar hal ini disebabkan karena anak-anak lebih focus pada perkembangan teknologi dibanding dengan mempelajari Pendidikan karakter. 

Padahal, di Indonesia Pendidikan karakter sangat penting agar pada masa yang akan datang generasi muda akan memiliki ilmu pengetahuan yang mampu bersaing dengan era yang akan datang. 

Salah satu alternative yang bisa dilakukan pemerintah Indonesia khususnya dalam dunia Pendidikan ialah melalui kegiatan pramuka.

Sejauh ini sudah banyak sekolah yang menjadikan pramuka sebagai ekstrakulikuler wajib sekolah. Namun,sejauh ini hanya segelintir sekolah yang mampu merealisasikan secara maksimal. 

Kegiatan pramuka yang dapat dilakukan atau dijalankan pihak sekolah terutama sekolah dasar ialah kegiatan kemping disekolah,dimana kegiatan ini dapat melatih disiplin sebagai dasar pembentuk karakter.

Melalui kegiatan kemping ini anak-anak akan dilatih cara hidup mandiri,mulai dari membangun tenda,menyiapkan pakaian kegiatan sendiri,hingga melakukan berbagai kegiatan outbond.

Dari kegiatan ini, anak-anak melakukan semua kegiatan tanpa memikirkan gadget. Hal ini dapat membantu karakter dasar anak yang saat ini mulai memudar.

Pemerintah juga dapat melakukan kegiatan pramuka secara menyeluruh. Kegiatan yang dapat dilakukan pemerintah ialah mengadakan pesta siaga yang dapat diikuti oleh seluruh sekolah dasar dalam satu pemerintahan.

Kegiatan pesta siaga ini tidak jauh berbeda dengan camping di sekolah, hanya saja cangkupannya lebih besar. Hal ini dapat membuat anak-anak memiliki pengalaman dan teman-teman yang banyak. 

(Red/ Raja Yohanna Khairunnisya, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa )