Menanamkan Rasa Peduli Terhadap Sesama Pada Siswa Sekolah Dasar

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Seiring berjalannya waktu  teknologi di Indonesia semakin berkembang, tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi mempengaruhi keberlangsungan dalam kehidupan sehari-hari.Dari orang tua hingga anak usia dini pun sudah menggunakan smartphone.

Hampir setiap hari tidak bisa lepas dari yang namanya gadget. Jika kita temui anak SD zaman sekarang jika berkumpul dengan teman sebayanya sibuk dengan gadget masing-masing. 

Semakin berkurangnya rasa peduli diantara anak-anak karena pengaruh dari gadget, dan semakin berkurang juga jiwa sosial anak terhadap lingkungannya.

Pada era 4.0 pada anak Sekolah Dasar lebih suka sibuk bermain dengan gadget mereka dari pada bermain dengan teman sebayanya kalaupun bermain dengan teman sebayanya tetapi itu melalui games online, berbeda dengan zaman dulu anak-anak lebih senang bermain dnegan teman sebayanya dan mereka belum mengenal gadget.

Maka dari itu peran orang tua dan guru sangat penting untuk menanamkan rasa peduli terhadap sesama pada siswa Sekolah Dasar.

Saat di rumah peran orang tua yaitu untuk mengontrol agar anak tersebut tidak menghabiskan waktunya untuk bermain games online dan dapat membagi waktu untuk belajar serta bermain dengan teman sebayanya.

Sedangkan di lingkungan sekolah guru berperan penting untuk mendidik siswa agar memahami pentingnya keperdulian atau rasa saling tolong menolong terhadap sesama dan guru juga mengajarkan agar siswa bisa berbaur dengan teman sebayanya dan ajaran-ajaran tersebut dapat siswa terapkan dengan baik.

Jika rasa peduli terhadap sesama pada anak Sekolah Dasar diterapkan dan berkembang di lingkungan masyarakat maupun sekolah maka pendidikan di Indonesia akan semakin maju,maka dengan mudah untuk pembentukan karakter pada anak sejak dini terutama pada anak Sekolah Dasar karena akan berdampak pada jenjang selanjutnya.