Menciptakan Pembelajaran Yang Aktif dan Menyenangkan.

Bogor Now

Oleh: Indriana Puspitasari Mahasiswi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

KORANBOGOR.,com,YOGYAKARTA-Di era perkembangan zaman yang sudah modern ini, seoarang guru harus bisa menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan, menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan bertujuan agar siswa tidak mudah bosan ketika sedang mengikuti pembelajaran.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara, membuat suasana kelas menjadi nyaman, membuat suasana ruangan kelas yang berbeda, menggunakan media pembelajaran yang menarik, belajar sambil bermain, guru harus memiliki sifat humoris.

Membuat suasana kelas menjadi nyaman, untuk menciptakan suasana kelas yang nyaman sebelum memulai pelajaran guru mengajak peserta didik untuk melakukan operasi semut, karena kelas yang bersih akan membuat belajar menjadi lebih nyaman, dan kelas yang bersih akan terhindar dari kuman dan penyakit

Membuat suasana ruangan kelas yang berbeda, guru bisa mengatur tempat
duduk siswa agar tertata rapi tempat duduk siswa bisa dibuat dengan cara
berkelompok dan berpindah-pindah jadi siswa bisa merasakan duduk didepan ataupun dibelakang.

Menggunakan media pembelajaran yang menarik, seorang guru harus bisa
membuat media pembelajaran yang menarik dan kreatif, karena dengan
menggunakan media pembelajaran yang menarik siswa dapat lebih mudah untuk menangkap materi pembelajaran yang disampaikan, guru dapat membuat media pembelajaran seperti video, PPT yang menarik, dll. Jadi dalam penyampaian materi pembelajaran seoarang guru tidak hanya menggunakan metode ceramah saja.

Belajar sambil bermain, dalam pembelajaran guru bisa menggunakan metode belajar sambil bermain, metode ini dapat dilakukan di dalam kelas maupun diluar kelas, dengan belajar sambil bermain, peserta didik tidak akan mudah bosan, sebagai contoh dalam pembelajaran matematika guru bisa menyediakan bola dengan beberapa warna, lalu peserta didik diminta untuk mengelompokkan bola tersebut berdasarkan warnanya dan menghitungnya.

Guru harus memiliki sifat humoris, ketika pembelajaran sedang berlangsung sebisa mungkin kita harus memasang muka yang ceria, jangan memasang muka yang menakutkan karena hal tersebut akan membuat siswa takut sehingga siswa tidak lagi bersemangat dalam pembelajaran, pada saat pembelajaran guru bisa menyelingi dengan canda tawa namun tetap ada batasnya.

.