MENGISI WAKTU LUANG DENGAN MEMBUAT KOTAK TISSUE DARI BARANG BEKAS

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Barang bekas adalah barang yang tidak terpakai lagi. Biasanya barang bekas dibuang begitu saja. Namun siapa sangka barang bekas sangat banyak memiliki manfaat untuk membuat suatu kerajinan tangan.

Salah satu kerajinan tangan yang dapat dibuat dari barang bekas yaitu kotak tissue. Tissue apabila memiliki wadah yang menarik akan menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Dengan memanfaatkan barang bekas, maka kotak tissue akan berbeda dengan biasanya dan dapat mempercantik ruangan.

Cara membuat kotak tissue dari barang bekas yaitu yang pertama menentukan alat dan bahan, kemudian langkah-langkah dalam membuatnya. Alat dan bahan yang diperlukan dalam membuat kotak tissue adalah :

  1. Koran bekas.
  2. Kardus bekas 
  3. Gunting.
  4. Lem.

Langkah –langkah :

  1. Siapkan alat dan bahan.
  2. Potong bagian atas kardus berbentuk persegi panjang untuk tempat keluarnya tissue.
  3. Buat gulungan beberapa koran bekas yang panjangnya disesuaikan dengan kardus bekas yang digunakan.
  4. Tempel gulungan koran bekas tersebut menggunakan lem di seluruh bagian kardus.
  5. Kotak tissue dari barang bekas siap untuk digunakan.

Dengan waktu luang yang ada, maka dapat dimanfaatkan dengan membuat kerajinan tangan tersebut. Karena dengan demikian waktu luang yang ada dapat bermanfaat dengan baik.

Manfaat dalam membuat kerajinan tangan tersebut adalah menambah kreativitas, menumbuhkan ketelitian, dapat melatih kesabaran. Selain itu, membuat kerajinan tangan tersebut juga dapat membuka peluang bisnis dengan keuntungan yang tinggi.

Maka dari itu, mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat dapat memberikan keuntungan.

Karena dapat menambah pengetahuan baru dan keterampilan diri. Dengan demikian, gunakanlah waktu luang dengan sebaik-baiknya dengan hal-hal yang positif.

(Red/ Elsa Millenia Setyanti dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)