MENINGKATKAN DAYA KREATIVITAS ANAK SEKOLAH DASAR

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pada era globalisasi saat ini perkembangan kreativitas anak sekolah dasar semakin kreatif dan inovatif, hal tersebut akan terus berkembang seiring dengan perubahan zaman yang semakin modern.

Tingkat kreativitas siswa juga bervariasi hal tersebut diakibatkan karena bedanya pola pikir di setiap individu. Kreativitas itu pasti akan terus berkembang seiring bertambahnya usia peserta didik.

Kreativitas adalah sebagai suatu proses untuk menghasilkan yang baru, apakah itu berupa gagasan atau benda dalam bentuk atau rangkaian yang menghasilkan.

Penekanan pada tindakan menghasilkan ketimbang pada hasil akhir dari tindakan tersebut. Jiwa kreativitas anak akan terus berkembang dengan cara guru memfasilitasi apa yang dibutuhkan oleh anak tersebut

Tanpa kita sadari karena perkembangan zaman yang semakin modern ini menyebabkan pola pikir anak semakin kritis ketika berpikir, oleh karena itu guru harus memperhatikan kreativitas yang ditunjukkan oleh peserta didiknya. Selain itu guru juga harus mendampingi peserta didiknya dalam mengembangkan kreativitas yang dimiliki. Dengan demikian peserta didik akan lebih mudah dalam mengembangkan kreativitasnya.

Kreativitas siswa juga dapat dilihat ketika guru mengadakan perlombaan mewarnai sehingga dari ermacam warna yang mereka tuangkan di kertas dapat menunjukkan tingkat kreativitas dan suasana hati masing-masing anak. Mengingat banyaknya manfaat dari lomba mewarnai ini, diharapkan orang tua untuk ikut berpatisipasi dalam memotivasi anak-anaknya dalam pengembangan kreativitas.

Dengan cara itulah akan mempermudah peserta didik dalam mengembangkan kreativitas yang ia miliki, sehingga kedepannya ia dapat menjadi anak cerdas dan bisa berpikir kritis ketika menghadapi suatu permasalahan. Tentu mempunyai daya kreativitas yang tinggi dan mampu bersaing dengan peserta didik lainnya.

(Red/ Ledy MellyniaNim : 2018015319Status : Mahasiswa PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )