Mental Milenial

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Dijaman sekarang ini banyak sekali permasalahan yang terjadi pada anak remaja muda milenial saat ini. Terutama yang  mempengaruhi mental anak jaman sekarang. WHO saat ini menyebutkan kalau remaja muda dan dewasa milenial saat ini adalah kelompok usia yang rentan untuk terkena gangguan mental.

Nah kira-kira kenapa ya? Mungin ada beberapa dari kita yang belum tahu tentang apa sih mental itu? Mental adalah sebuah cara berfikir atau konsep pemikiran manusia untuk dapat belajar dan merespon suatu hal. 

Ada berbagai permasalahan yang dialami anak muda dan dewasa milenial pada mentalnya, misalnya pada Mental Illnes. Apasih Mental Illnes itu?

Mental Illnes adalah kumpulan penyakit gangguan kejiwaan yang mempengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang. Penyebab terjadinya Mental Illnes ini muncul disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah; Stress, stress dalam upaya lulus kuliah, lulus sekolah, atau berfikir untuk mencari pekerjaan.

Hal tersebut sangat mempengaruhi mental anak dijaman sekarang ini. Depresi, Traumati yang dialami,  misalnya kamu kehilangan orang yang sangat dicintainya. Yang membuat kamu merasa sendiri dan tidak bersemangat untuk melakukan apapun.

Ada juga beberapa faktor lain yang membuat mental remaja saat ini  mudah sering depresi dan memiliki masalah mental: sukanya serba instan. Anak muda milenial saat ini selalu tidak memikirkan sesuatu yang sulit dan hanya menginginkan hal-hal intsan.

Mereka berfikir yang enak dan tidak menyusahkan hidup mereka. Dengan begitu mereka tidak memahami apa arti hidup dan arti dari sebuah perjuangan kehidupan. Tidak hanya pengaruh yang instan-instan tetapi juga pengaruh dari penggunaan medsos.

Penggunaan medsos sangat mempengaruhi gaya hidup ideal yang sebenarnya tidak sesuai dengan kenyataan. Sehingga bisa memicu adanya kecemasan ataupun kecemburuan. Apapun mereka lakukan demi memenuhi kesenangan sesaatnya itu. 

Untuk itu apasih yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental remaja saat ini? Kita bisa mencoba untuk:

  1. Kenali apa saja penyebab dari masalaha-masalah kamu
  2. Mencoba mencari teman bicara atau tean curhat untuk melepaskan semua kecemasan atau masalah yang kamu alami
  3. Refreshing, nah refreshing ini sangat berpengaruh pada mental dan fisik kamu. Dengan kamu berefreshing kamu akan kembali merefresh otak kamu untuk tidak memikirkan masalah yang kamu alami.
  4. Lakukanlah aktivitas yang kamu sukai, misalnya berolahraga atau melakukan hobby yang kamu senangi. (Red/  Isnaini Latifah dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, )