Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Yang Kreatif

Bogor Now

KORANBOGOR.com.YOGYAKARTA-Pendidikan di Indonesia saat ini berkembang dengan cepat seiring dengan perkembangan zaman, hampir semua kegiatan dibantu oleh teknologi modern yang telah diciptakan oleh manusia yang kreatif di bidangnya.

Terutama dalam hal pembelajaran di sekolah dasar tentu membutuhkan teknologi tersebut guna membantu proses pembelajaran, dengan bantuan teknologi tentu akan mempermudah guru dalam memberikan pengajaran pada siswa dan sudah pasti para siswa akan tertarik jika gurunya menggunakan media pembelajaran yang menarik. 

Namun perkembangan teknologi itu dapat memberikan dampak positif dan negatif, tinggal menggunakan cara bijak agar teknologi tersebut dapat memberikan manfaat yang positif bagi kehidupan. Dengan teknologi ini pula para siswa dapat tertarik untuk bersemangat dalam hal belajar.

Membaca merupakan kegiatan yang mudah dilakukan namun sulit untuk menjadikan suatu kebiasaan. Kebiasaan membaca belum membudaya pada masyarakat, khususnya di kalangan siswa. Kegemaran membaca bukanlah faktor keturunan. Kegemaran atau kebiasaan membaca dapat diperoleh melalui pembiasaan dan latihan yang kontinyu.

Rendahnya minat baca para siswa disebabkan karena rasa malas yang tinggi dalam diri anak tersebut. Anak yang seperti itu sangat memerlukan bimbingan yang lebih dari guru maupun orangtuanya, agar anak tersebut dapat mengubah rasa malas menjadi semangat yang tinggi untuk meningkatkan prestasi anak tersebut terkhusus dalam minat baca anak.

Meningkatkan minat baca di lingkungan sekolah dapat dilakukan oleh kepala sekolah, guru maupun petugas perpustakaan.

Yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah antara lain; 1. Meningkatkan kualitas perpustakaan sekolah dari segi sarana dan prasarana,

2. Mewajibkan guru untuk memanfaatkan perpustakaan sebagai bagian dari proses belajar mengajar,

3. Menetapkan jam wajib kunjung perpustakaan untuk setiap kelas,

4. Mengikutkan sekolah dalam kegiatan lomba yang berhubungan dengan minat baca, dan 5. berlangganan surat kabar/ majalah.

Dengan demikian minat baca para siswa disekolah dasar dapat ditumbuhkan kembangkan dengan melalui media pembelajaran yang menarik, hal tersebut dapat diwujudkan melalui guru yang kreatif ketika memberikan pelajaran khususnya membaca.

Tentu dengan cara tersebut dapat meningkatkan minat baca para siswa secara kontinyu. 

(Red/ Penulis: Nonny Safira Nurul Arifah,Nim: 2018015318,Status: Mahasiswa PGSD di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )