Metode Rewards untuk Meningkatkan Prestasi Siswa

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Berbagai cara,strategi, metode pembelajaran sering digunakan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran.Namun terkadang faktor yang menghambat keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran adalah kurangnya motivasi belajar  pada siswa.

Metode pemberian hadiah atau reward merupakan salah satu bentuk motivasi sebagai penghargaan atas suatu pencapaian prestasi siswa.

Metode ini dapat diimplementasikan pada tingkatan sekolah dasar. Seperti yang sudah dilaksanakan di  SD Negeri Palihan Lor, Temon, Kulon Progo.

Foto siswa kelas 4 yang mendapatkan reward  Guru memberi reward dengan cara memberi hadiah berbentuk alat tulis dan sejenisnya yang dibungkus rapi seperti kado agar lebih menarik.

Pemberian reward ini di tujukan bagi siswa yang memiliki nilai 100 sejumlah 50 x, dan setiap siswa memiliki peluang dan kesempatan berkali-kali.

Agar lebih excited  dan lebih penasaran maka  dibuatlah nomer undian bagi siswa yang memenuhi target, siswa bisa mengambil nomer undian tersebut dan memilih kado sesuai dengan nomer yang tertera

Tetapi konsekuensinya seorang guru harus memberikan nilai  setiap ulangan harian, tugas dan PR .

Dengan metode ini siswa berlomba-lomba agar bisa menyelesaikan tugas dengan baik untuk mendapatkan nilai 100. Dengan diterapkannya metode ini ternyata prestasi siswa semakin meningkat drastis.

(Red/ Winda Utami dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa )