MEWABAHNYA GADGET DI KALANGAN ANAK SEKOLAH DASAR

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Gadget adalah alat komunikasi yang mempunyai banyak fungsi. Dimana fungsi tersebut sudah menggunakan fitur yang berbeda. Gadget di anggap lebih lengkap dari pada alat elektronik lainya karena fungsi dan sifatnya yang berbeda.

Selain itu gadget juga berperan penting dalam kehidupan manusia terkhusus dalam dunia pendidikan. Tanpa disadari gadget mewabah dikalangan anak sekolah dasar.

Dengan kemajuan teknologi didunia saat ini, semua orang bisa mengakses informasi dari seluruh dunia. Tanpa terkecuali anak sekolah dasar, di zaman yang modern ini anak-anak sekolah dasar tidak dapat lepas dari yang nama nya gadget,hal itu dikarenakan banyaknya kemudahan atau fitur yang disediakan oleh gadget itu sendiri.Termasuk jenis-jenis permainan online yang sangat mudah sekali untuk dimainkan dikalangan anak-anak.

Selain itu, dengan ada nya kehadiran gadget dikalangan anak-anak akan membuat rasa social anak tersebut sangat rendah. Dan ia akan acuh terhadap keadaan lingkungan disekitarnya, padahal dilingkungan itulah dunia yang sesungguhnya.

Namun, hal tersebut seketika sirna karerna kehadiran gadget yang semakin mewabah dan semakin canggih yang tidak bisa dihindari.

Padahal dunia bermain anak itu ada ketika ia berada dilingkungan sekitarnya dan bermain bersama teman-temannya, namun hal itu saat ini sangat jarang dijumpai karena mereka lebih asyik bermain gadget dirumahnya dibandingkan dengan bermain bersama-sama teman.

Oleh karena itu juga permainan tradisional semakin hilang dikalangan anak-anak saat ini, sebenarnya permainan tradisional itu memiliki nilai budaya yang bagus jika terus dilestarikan.Karena dari permainan tradisional tersebut anak-anak dapat melatih kerja sama dan interaksi antar teman sebayanya.

Oleh, karena itu peran orangtua sangat penting dalam mengontrol anak-anaknya dalam penggunaan gadget. Jika tidak dibatasi dalam penggunaannya dapat menimbulkan kecanduaan yang resikonya sangat parah bagi anak tersebut.

Tidak hanya orangtua tetapi guru disekolah juga berperan penting dalam memberi pengajaran yang dapat membuat anak didiknya menjadi anak yang berjiwa sosial yang tinggi tanpa harus menggunakan gadget.

Dengan demikian, peran kedua orangtua dan guru perlu diselaraskan dengan perilaku anak.Sehingga kedepan dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi anak tersebut yang diakibatkan oleh gadget tersebut, setelah dapat diatasi tentu gadget itu akan memberikan dapat positif terhadap pola pikir dan tingkah laku peserta didik.

(Red/Putri Ayu Oktavianti,Nim: 2018015295,Status: Mahasiswa PGSD di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )