Musim Hujan Akhir Tahun

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Akhir tahun tepatnya bulan Desember bulan dimana tiba saatnya musim hujan. Musim hujan banyak dinanti orang karena setelah sekian lama mereka melewati musim panas mereka tentunya sangat mengharapkan datangnya musim hujan ini. Musim hujan ini biasanya berlangsung antara Desember-Maret atau April.

Musim hujan ini telah melanda beberapa wilayah di Indonesia.Hujan di setiap daerah ini beragam. Ada yang sepanjang hari sudah dilanda hujan, ada yang hujan sebentar saja,ada yang sampai banjir,bahkan ada juga yang hujan turun bersama angin.Di daerah Purworejo sendiri intensitas hujannya sering namun tidak sepanjang hari hujan.

Di beberapa kecamatan di Purworejo ada yang mengalami hujan deras beserta angin sehingga membuat beberapa pohon tumbang ke jalan dan ada beberapa rumah warga yang rusak akibat angin kencang tersebut.

Namun, di daerah sekitar pesisir pantai selatan hujan masih termasuk rendah karena hujan di daerah pesisir biasanya hanya gerimis saja. 

Hujan ini sangat ditunggu oleh para petani karena setelah sekitar 9 bulan mereka menungu.

Mereka sangat mengharapkan datangnya hujan karena agar sawah mereka tidak kering lagi sehingga bisa untuk menanam padi kembali yang harapannya di awal tahun sudah bisa panen.

Banyak sekali petani yang bersusah payah mencari persediaan air hanya untuk mengairi sawah mereka.

Disaat musim kemarau kemarin usai panen sembari menunggu hujan datang banyak yang memanfaatkan lahan mereka untuk ditanami Palawija seperti cabe, tomat, terong. Kacang panjang, kacang hijau, dan lain-lain.

Musim hujan ini membawa banyak manfaat untuk beberapa orang karena dengan turunnya hujan maka mereka tidak kekurangan air lagi. Hujan juga memberikan beberapa manfaat kepada petani. Selain petani, warga pun juga merasakan dampak baik dari datangnya hujan ini.

(Red/ Atikah Adiyani dari Prodi PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )