MUSIM PENGHUJAN YANG DI NANTI

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Warga dusun Sembada, Karangrejo, Karanggayam Kabupaten Kebumen Jawa Tengah mengalami kekeringan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Musim penghujan yang dinanti akhirnya telah tiba, hujan lebat yang terjadi pada hari Sabtu, 7 Desember 2019 pada pukul 15.30 membuat hati warga merasa tenang. 

Indonesia beriklim tropis dan memiliki dua musim, yaitu penghujan dan kemarau. Musim kemarau berlangsung antara bulan Maret sampai September, pada bulan April sampai September yaitu musim penghujan.

Di ujung musim kemarau membuat daerah pelosok kesulitan air untuk kebutuhan sehari-hari, kekeringan yang dialami tidak hanya satu minggu atau dua minggu tetapi hampir dua bulan.

Untuk masak dan minum selalu membeli air galon dengan harga 15 Ribu per/galon, tetapi mencuci pakaian, mencuci piring, mandi dilakukan di Bendungan Kaligending Karangsambung Kebumen.

Bendungan Kaligending Karangsambung Kebumen menjadi salah satu sumber air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya warga Karangrejo tetapi bersama dengan warga Kaligending.

Pagi dan sore selalu ramai orang-orang sibuk dengan kegiatannya seperti mencuci pakaian, mencuci piring, mencuci motor dan ada juga anak-anak yang bermain sepeda. 

Warga Karangrejo dan Kaligending memang berdampingan tetapi hanya terhalang oleh Bendungan, sehingga ketika musim kemarau Bendungan air bisa dilewati oleh motor yang menghubungkan Karangrejo dengan Kaligending. Ya karena musim kemarau Bendungan air pun mengalami kekeringan.

Musim penghujan telah tiba dan masalah warga kekeringan akhirnya telah mendapat solusi, semoga hujan yang diturunkan meendapat banyak rahmat dari Allah SWT. 

(Red/Penulis: Zahrotun Najah dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )