Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran berupa Gadget pada Siswa SMA

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYALARTA-Perkembangan teknologi yang sangat maju diera modern dan globalisasi memungkinkan berbagai kegiatan dilakukan secara cepat dan efisien. Pendidikan formal, informal, dan non formal dapat menggunakan teknologi informasi untuk mengakses semua pengetahuan.

Perkembangan teknologi telah memberikan pengaruh dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam dunia pendidikan. Teknologi informasi dapat menunjang dan mempermudah proses pembelajaran. 

Kini pembelajaran sudah mengintegrasikan IT, siswa sudah dekat dengan IT yaitu dalam bentuk gadget. Gadget merupakan suatu alat elektronik yang bisa dibawa kemana-mana dengan mudah. Selain itu dengan adanya gadget kita dapat komunikasi jarak jauh dan mencari informasi sangatlah mudah.

Gadget dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. Apalagi diera modern ini, banyak sekali yang sudah memanfaatkan teknologi berupa gadget untuk menunjang proses pembelajaran siswa.

Dengan adanya gadget siswa dapat mencari informasi lebih luas. Media pembelajaran menggunakan gadget dapat diterapkan di Sekolah Menengah Atas (SMA).

Dimana siswa SMA sudah paham akan penggunaan gadget dan dapat memilah mana yang baik dan tidak. Dengan adanya gadget pembelajaran akan lebih mudah jika guru berhalangan hadir gadget dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif.

(Red/  Siti Laelatul Fadilah dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa prodi PGSD )